Kisah Tegar Edgar, Rebut Emas SEA Games Saat Kehilangan Sang Ayah

Tangis haru atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo usai raih emas SEA Games
Sumber :
  • twitter.com/The2019SEAGames/

VIVA – Ternyata Edgar Xavier Marvelo sempat berbicara dengan ayahnya, Lo Tjhiang Meng (Ameng) sebelum wafat Selasa dini hari 3 Desember 2019 pukul 01.00 WIB. Edgar diminta sang ayah untuk tidak meninggalkan olahraga wushu dan terus berlatih untuk meraih prestasi terbaik.

Atlet Wushu Samuel Marbun Persembahkan Perak di Asian Games 2022

Edgar yang berhasil merebut medali emas wushu SEA Games 2019 di nomor pertandingan Daoshu Gunshu Combine memang sangat dekat dengan kedua orang tuanya. Terakhir, sang ayah sempat menyaksikannya saat tampil mempersembahkan 3 medali emas pada Kejuaraan Dunia Wushu di China 2019. 

"Ya, saya memang sempat berbicara dengan papa sebelum alat bantu medisnya dicabut. Dan, papa berpesan agar saya tidak meninggalkan wushu dan tampil lebih baik lagi untuk bisa meraih emas pada SEA Games Filipina 2019," ungkap Edgar Xavier Marvelo sembari menahan tangis kepada wartawan usai acara pengalungan medali di Hall A World Trade Centre (WTC) Manila, Filipina, Selasa 3 Desember 2019.

Klasemen Medali Asian Games 2022: Indonesia Tertahan di Posisi 8, China Makin Unggul

"Papa dan mama memang sengaja datang ke China untuk memberikan dukungan kepada saya," ujar Edgar sembari mengungkap ayahnya mengidap penyakit jantung.

Harris Horatius Wins Third Gold Medal for Indonesia

Edgar Xavier memang cukup tegar. Dia mampu menampilkan yang terbaik pada saat kehilangan ayahnya. Berkat penampilannya yang apik itu, Tim Wushu Indonesia mampu memenuhi target 2 emas dari nomor Taulo.

"Ya, kita tidak tidur sampai pukul 06.00 pagi sebelum mengambil keputusan untuk memberitahukan kabar duka tersebut. Saat itu, kita terus memberikan pengertian dan memintanya untuk melupakan kesedihan sebelum tampil. Akhirnya, Edgar sempat mau menumpahkan kesedihan selama setengah jam sebelum pertandingan. Alhamdulilah dia tegar dan mampu mengatasi kesedihan sehingga tidak mengganggu penampilannya," jelas pelatih kepala Tim Wushu Indonesia, Novita.

Pembukaan Indonesia Wushu All Game (IWAG) 2023,

Pj Gubsu Dorong Atlet Wushu Sumut Raih Prestasi di Kejuaraan IWAG 2023

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin berharap lewat kompetisi ini, Hassanudin ingin lebih banyak lagi lahir atlet-atlet Wushu berprestasi dari Sumut.

img_title
VIVA.co.id
11 Desember 2023