Laga SEA Games Diundur, Tim Indonesia Pertanyakan Kejelasan Jadwal

CdM Indonesia, Harry Warganegara (kanan) bersama Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari
Sumber :
  • Pers SEA Games 2019

VIVA – Akibat hantaman topan Kammuri atau yang dikenal badai Tysoy yang melanda Filipina, jadwal sejumlah cabang olahraga di ajang SEA Games 2019 terpaksa diundur. Mundurnya jadwal pertandingan tersebut telah diumumkan Philipina SEA Games Olympic Committee (PHISGOC) secara resmi.

Hadiri HUT ke-70 KOI, Ketum PRSI Siap Jawab Tantangan KOI

Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia, Harry Warganegara menuturkan pihaknya akan segera mempertanyakan kejelasan penjadwalan ulang sejumlah laga cabang olahraga kepada PHISGOC secepatnya.

"Ya, memang terjadi perubahan jadwal pertandingan sejumlah cabang olahraga di beberaoa daerah akibat adanya typhoon Kammur atau badai Tysoy. Dan, kita juga sudah mendapat surat pemberitahuan secara resmi yang ditandatangani Director of Sport PHISGOC, Karen Claire Kabalero," ungkap Harry Warganegara usai pengalungan medali atlet wushu, Edgar Xavier Marvelo yang meraih emas nomor Daosu dan Gunsu di World Trade Cente (WTC) Manila, Filipina, Selasa 3 Desember 2019.

Ultah ke-70, KOI Usung Cita-cita Tinggi buat Olahraga Indonesia

Sebagai contoh, Harry Warganegara menyebut, cabor voli pantai yang harusnya dimainkan 2-3 Desember diundur menjadi 4-6 Desember. Begitu juga under water hockey yang semula dimulai 3 Desember menjadi 4-5 Desember 2019.

Kemudian, kayak/kanoe/TBR yang semula akan dimulai 2 Desember diundur menjadi 6-8 Desember, muaythai yang tadinya 3 Desember diundur menjadi 4-5 Desember dan Khusus nomor combat akan dimulai 6-8 Desember 2019.

Buka Rapat Anggota KOI, Suharso: Cara Konvensional Harus Ditinggalkan

Cabang olahraga layar di Subic pun ikut diundur. Semula dijadwalkan 2-4 Desember baru dimulai 5 Desember 2019. Lalu, modern pentathlon dari 4 Desember diundur menjadi 5 Desember. Dan, surfinhg yang dimulai 3 Desember diundur menjadi 4 Desember 2019.

Ketika ditanyakan apakah mundurnya jadwal akibat badai Tysoy akan menambah biaya pengeluaran kontingen Indonesia, Harry Warganegara menyebut sudah pasti.

Namun, dia tetap berusaha menekan biaya tersebut dengan melakukan pendekatan kepada PHISGOC agar Indonesia tidak lagi dikenakan tambahan biaya terutama biaya penginapan atlet.

"Adanya badai Tysoy itu kan masalah force major. Jadi, kita akan coba melobi PHISGOC agar atlet Indonesia tidak lagi dikenakan biaya tambahan sebesar US$50 karena mundurnya jadwal pertandingan," ujar Harry. 

Daftar lengkap laga cabang olahraga SEA Games 2019 yang ditunda:

Metro Manila : - Menembak

Solu : - Skateboarding, Underwater Hockey, Polo

Clark : Pentaque

Subic : Sepaktakraw, Canoe/Kayak/TBR, Muaythai, dan Surfing

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya