Tembus 50 Emas, Posisi Indonesia Belum Aman

Perolehan medali SEA Games hingga Sabtu malam 7 Desember 2019
Sumber :
  • NOC Indonesia

VIVA – Memasuki hari ketujuh gelaran SEA Games ke-30 Filipina, Sabtu 7 Desember 2019, posisi kontingen Indonesia bertahan di urutan dua di klasemen sementara perolehan medali. Berbekal koleksi 51 emas, 50 perak dan 58 perunggu torehan armada Merah Putih cukup menjawab ekspektasi publik Tanah Air.

Indonesia Berpeluang Kirim Atlet Balap Sepeda ke Olimpiade 2024

Memasang proyeksi perolehan medali 45 emas, pencapaian kontingen Indonesia sudah melampaui dari yang dibebankan sebelumnya.

Meski demikian, koleksi emas yang telah melebihi proyeksi awalnya disebut belum bisa aman untuk memenuhi target finish di posisi dua klasemen akhir perolehan medali seperti yang diminta Presiden Joko Widodo.

Resmi Jadi Anggota KOI, Pertacami Siap Harumkan Indonesia di Kancah Dunia

Hal tersebut diungkapkan langsung boleh Presiden National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari. Okto menegaskan jika ingin mengamankan posisi dua klasemen medali, maka perolehan emas kontingen Indonesia harus bisa menembus 70 keping.

"Kita tak boleh cepat puas, karena event ini masih terus berjalan dan bidikan 45 emas itu adalah target awal minimum. Tapi karena kita dapat tugas langsung dari Presiden finish di peringkat dua, maka cabor kini mengejar semua potensi maksimal dari medali-medali yang bisa diraih," ungkap Raja Sapta Oktohari kepada VIVA.

NOC Indonesia Ungkap Alasan Berhentikan Keanggotaan PP PTMSI

"Kalau kita mau di posisi kedua tentunya harus lebih dari 70 emas, semoga bisa tercapai dan dimaksimalkan semua potensi medali yang ada," ujar pria yang juga pernah menjabat Ketua Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 lalu itu.

Perolehan medali SEA Games hingga Sabtu malam 7 Desember 2019

Sepanjang hari Sabtu 7 Desember kemarin, kontingen Indonesia berhasil menambah 11 emas dari 10 yang ditargetkan sebelumnya dan mampu mempertahankan posisi skuat Merah Putih di urutan dua.

Dan pada gelaran hari ke-8, Minggu 8 Desember 2019, NOC memproyeksikan akan ada penambahan emas sebanyak 10-15 keping dari sejumlah nomor final yang bakal digelar.

Deretan cabang olahraga seperti menembak, karate, catur, rowing, surfing, panahan dan e-Sport diharapkan menyumbang torehan emasnya guna mengamankan posisi kedua Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya