Luar Biasa, Malaysia Kuasai Final Bulutangkis SEA Games

BWF World Tour.
Sumber :
  • BA Malaysia

VIVA – Semifinal bulutangkis nomor individu SEA Games 2019, sudah berakhir. 10 tiket ke final sudah ludes direbut.

Gelar Rakernas, PB Akuatik Indonesia Susun Rencana Mulai PON 2024 Menuju Prestasi Dunia

Bulutangkis Malaysia menguasai final nomor individu SEA Games 2019 Filipina. Mereka kuasai partai puncak ajang 2 tahunan ini setelah panen kemenangan dan memborong 4 dari 10 tiket ke final.

Malaysia berhasil meloloskan 4 wakil mereka ke final setelah tampil luar biasa di semifinal yang telah dilangsungkan di Muntinlupa Sports Complex, Metro Manila, Filipina, Minggu 8 Desember 2019.

Top Trending: Jemaah Umrah Alami Keajaiban di Masjid Nabawi, Atlet Sea Games Jadi Jenderal Bintang 1

Musuh bebuyutan bulutangkis Indonesia itu merebut tiket ke final tunggal putra melalui Lee Zii Jia usai mengalahkan unggulan 1 asal Thailand, Kantaphon Wangcharoen.

Lalu Malaysia berjaya merebut tiket final ganda putra setelah Aaron Chia/Soh Wooi Yik mengalahkan wakil RI, Wahyu Nayaka Arya Pangkayanira.

Sosok Kapolda Perempuan Pertama, Atlet Sea Games Jadi Jenderal Bintang 1

Selanjutnya Malaysia juga mendapatkan tiket final tunggal putri. Hebatnya tiket di sektor ini didapatkan melalui jerih payah pebulutangkis muda Jiran, Kisona Salveduray menumbangkan andalan Thailand, Nitchaon Jindapol.

Pemegang ranking 104 dunia itu menciptakan kejutan dengan mengalahkan Jindapol melalui rubbergame yang berkesudahan dengan angka 11-21, 27-25 dan 21-14.

Dan terakhir, Malaysia merampas tiket final sektor ganda campuran melalui Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie. Peraih medali perak SEA Games 2017 ini mengalahkan Juara Dunia Junior 2017 asal Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Memang, Malaysia merupakan negara terbanyak juga yang meloloskan wakil mereka ke semifinal. Tercatat ada 8 wakil Malaysia di semifinal

Sementara itu, Indonesia menjadi negara kedua terbanyak meloloskan wakil ke final SEA Games 2019. Ada 3 wakil RI di final nanti, yakni Ruselli Hartawan, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Sedangkan juara umum SEA Games 2017, Thailand hanya mampu meloloskan 2 wakil saja ke final. Dan satu tiket final didapatkan Singapura.

Baca: Tragis, Ganda Malaysia Hancurkan Bulutangkis RI di Semifinal SEA Games

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya