Sengit, Sejarah Rivalitas Indonesia Vs Vietnam di Pentas SEA Games

Egy Maulana Vikri (10), playmaker timnas Indonesia di SEA Games 2019
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Duel krusial bakal terhampar dalam partai puncak SEA Games XXX Filipina, Selasa malam 10 Desember 2019. Tim nasional Indonesia U-23 akan melakoni fase pamungkas dari misi mengukir sejarah, mengulang torehan emas Merah Putih 28 tahun silam di Rizal Memorial Stadium, Manila.

Ragnar Oratmangoen Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia

Pesaing mereka pun tak main-main. Skuat Vietnam yang punya catatan rekor bagus kontra Garuda Muda jadi ancaman besar membuyarkan impian emas dari Manila.

Sejumlah pertemuan dari kedua kubu tersebut di level U-23 ini pernah tercipta, khususnya di ajang SEA Games. Hasilnya memang sangat berimbang, baik Indonesia maupun Vietnam kerap saling mengalahkan.

Serangan Balik Shin Tae-yong ke Pemain Vietnam: Dia Tidak Bisa Baca

Selebrasi gol pemain timnas Indonesia

Tercatat dari 7 kali pertemuan sebelumnya, Indonesia dan Vietnam sama-sama berhasil meraih 3 kali kemenangan dan satu laga lainnya harus berakhir imbang.

Pengakuan Shin Tae-yong Usai Jordi dan Elkan Baggott Tak Bisa Main Lawan Vietnam

Di pertemuan terakhir laga penyisihan Grup B SEA Games 2019, Garuda Muda takluk 1-2 meski sudah unggul lebih dulu di babak pertama berkat gol Sani Rizky Fauzi menit ke-23.

Kini, armada Indra Sjafri tentunya sangat bertekad memetik kemenangan di laga penting itu dengan sejumlah misi besar, diantaranya adalah membalas kekalahan saat fase grup lalu, mengungguli catatan rekor pertemuan kedua kubu dan tentunya mempersembahkan torehan emas SEA Games yang pernah terukir di tempat yang sama 28 tahun silam.

Berikut daftar rekor pertemuan Indonesia versus Vietnam di pentas SEA Games sejak menggunakan format tim U-23 dari tahun 2001:

2001  Indonesia 1-0 Vietnam   (penyisihan grup)

2003  Vietnam 1-0 Indonesia   (penyisihan grup)

2005  Indonesia 1-0 Vietnam   (penyisihan grup)

2011  Indonesia 2-0 Vietnam   (semifinal)

2015  Vietnam 5-0 Indonesia   (perebutan medali perunggu)

2017  Vietnam 0-0 Indonesia    (penyisihan grup)

2019  Vietnam 2-1 Indonesia    (penyisihan grup)

Lihat Prediksi final SEA Games 2019 Indonesia vs Vietnam di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya