Cetak Gol, Bomber Vietnam Dites Doping di SEA Games 2019

Bomber timnas Vietnam, Ha Duc Chinh.
Sumber :
  • Twitter AFF

VIVA – Salah satu pesepakbola Vietnam diminta untuk menjalani tes doping, usai timnya menang 1-0 atas Singapura di ajang SEA Games ke-30 Filipina, Selasa 3 Desember 2019. Ha Duc Chinh diminta oleh panitia untuk melakukan pengujian, begitu selesai bermain.

Asian Games 2022, Peringkat Medali Indonesia Anjlok

Mengutip dari Zing, Selasa 10 Desember 2019, Ha Dun Chinh langsung dipisahkan dari rombongan tim Vietnam untuk menjalani tes doping, usai meninggalkan lapangan pertandingan. Sementara itu, teman-teman yang lain termasuk pelatih dan official, langsung kembali ke hotel.

Dipilihnya Ha Dun Chinh untuk menjalani tes doping, karena ia bermain dua babak penuh tanpa digantikan. Bahkan, Ha Dun Chinh mencetak satu angka di menit ke-85, ketika Vietnam berhadapan dengan Singapura beberapa waktu lalu.

INFOGRAFIK: Daftar Atlet Penyumbang Emas Indonesia di SEA GAMES 2023

Selain performa saat SEA Games 2019, Ha Dun Chinh juga bermain dengan sangat baik di kejuaraan Asia U-23 tahun 2018 lalu. Proses pemeriksaan doping sendiri tidak begitu rumit, perwakilan tim dipisahkan dari teman-temannya selama persiapan.

Pemain ini nantinya akan diambil sampel darahnya oleh panitia. Setelah selesai, ia diperbolehkan untuk kembali ke tim tanpa harus menunggu hasil tes doping tersebut.

Klasemen Perolehan Medali SEA Games 2021: Indonesia Peringkat Ketiga

Ini adalah kali pertamanya Ha Dun Chinh bermain 90 menit penuh. Di tiga pertandingan sebelumnya, ia hanya berada di bangku cadangan, bahkan meninggalkan lapangan di tengah-tengah pertandingan.

Setelah empat putaran, timnas Vietnam berada di peringkat pertama grup B di SEA Games 2019 Filipina. Vietnam mengumpulkan sebanyak 12 poin, kemudian posisi kedua disusul oleh Indonesia dengan sembilan poin. Sementara, Thailand yang berada di posisi tiga juga mengumpulkan poin yang sama dengan Indonesia.

Lihat Prediksi final SEA Games 2019 Indonesia vs Vietnam di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya