Kevin/Marcus Bentrok Vs Musuh Bebuyutan di BWF World Tour Finals

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
Sumber :
  • BWF

VIVA – Perjalanan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di BWF World Tour Finals 2019, benar-benar mendebarkan.

2023 dan Catatan Terburuk Bulutangkis Indonesia

Bagaimana tidak, selain berada di grup berjuluk neraka, di laga perdana saja penguasa ranking 1 dunia ini langsung harus menghadapi pertarungan besar.

Di hari pertama yang akan dilangsungkan Tianhe Gymnasium, Besok Rabu 11 Desember 2019, The Minions harus langsung berhadapan dengan musuh bebuyutan mereka, Li Junhui/Liu Yuchen.

Apriyani/Fadia Permalukan Ganda Putri China di Ranking Dunia

Pertarungan ini dipastikan sangat berat bagi Kevin/Marcus. Karena Li/Liu berstatus sebagai pemegang gelar juara bertahan BWF World Tour Finals 2019.

Di tambah lagi Juara Dunia 2018 itu bakal tampil di hadapan pendukungnya sendiri yang selama terkenal militan dan kerap menciptakan teror terhadap pebulutangkis Indonesia.

Fajar/Rian Dipecundangi Ganda Korsel di Ranking Dunia

Memang sih, jika dilihat dari catatan pertemuan sepanjang tahun 2019 ini, Li/Liu bagai ayam sayur ketika bentrok dengan Kevin/Marcus.

Sepanjang tahun 2019 ini mereka sudah dua kali bentrok. Bahkan terjadi di dua semfinal dua turnamen secara beruntun. Dan hasilnya Li/Liu selalu kalah.

Mereka pertama kali bertarung di semifinal Indonesia Open 2019, ketika itu Kevin/Marcus menang mudah dengan angka 21-9 dan 21-13. Lalu sepekan berikutnya mereka bentrok lagi di semifinal Japan Open 2019. Dan lagi-lagi Li/Liu tumbang. Mereka dikalahkan Kevin/Marcus melalui rubbergame dengan poin 16-21, 21-11, dan 21-18.

Namun, catatan dua kemenangan itu belum cukup dijadikan patokan bahwa Kevin/Marcus bakal dengan mudah bisa mengalahkan Li/Liu di pertandingan nanti.

Sebab, di pertemuan terakhir mereka di ajang ini yakni pada BWF World Tour Finals 2018, Kevin/Marcus mengalami kekalahan yang sangat tragis dari ganda China ini. Kevin/Marcus dikalahkan di laga kedua penyisihan grup.

Padahal sebelum pertandingan itu, dalam dua tahun mulai 2017 hingga  2018, Li/Liu tak pernah mampu mengalahkan Kevin/Marcus. Selama periode itu, mereka tercatat 8 kali bertemu dan Li/Liu selalu dihajar.

Sejauh ini kedua pasangan sudah 12 kali bertemu di berbagai ajang. Dan 10 laga dimenangkan Kevin/Marcus. Sedangkan Li/Liu baru dua kali mampu mengalahkan mereka. Kemenangan mereka atas Kevin/Marcus ditorehkan di pertemuan pertama mereka di Vietnam Open 2015.

Perlu diketahui, Kevin/Marcus dan Li/Liu tergabung dalam Grup A bersama dua ganda Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Baca: Emas Jonatan Christie yang Raib di SEA Games Telah Dirampas Malaysia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya