Penoda Bulutangkis RI Tantang Ahsan/Hendra di BWF World Tour Finals

Aaron Chia/So Wooi Yik
Sumber :
  • BWF

VIVA – Ada pertandingan menarik bakal tersaji di hari pertama BWF World Tour Finals 2019. Laga itu tercipta dari sektor ganda putra. Wakil Indonesia kembali harus bentrok dengan Malaysia.

Ganda Putra Indonesia Merana di French Open 2024

Ya, Juara Dunia 2019, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan langsung harus berhadapan dengan ganda putra andalan negeri jiran, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Laga ini menjadi menarik karena Indonesia dan Malaysia baru saja terlibat adu sakti di SEA Games 2019. Baik di nomor beregu putra maupun di nomor ganda putra individu.

Jadwal Wakil Indonesia di French Open 2024 Hari Ini, Ahsan/Hendra Tampil

Pertarungan antara Ahsan/Hendra dan Aaron/Soh dipastikan bakal berlangsung sengit. Sebab, kedua pasangan sedang dalam penampilan yang terbaik mereka tahun 2019.

Ahsan/Hendra misalnya, mereka tampil di BWF World Tour Finals 2019 dengan tiket khusus sebagai Juara Dunia. Tak hanya itu, mereka juga bisa lolos dengan menggunakan syarat ranking tur.

Ahsan Cedera, The Daddies Terhenti di Babak 16 Besar Malaysia Open 2024

Dan sepanjang tahun 2019 ini, penguasa ranking 2 dunia ini sudah menyabet gelar-gelar juara top dunia. Mulai dari Juara Dunia hingga All England Open 2019.

Sementara itu, Aaron/Soh sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Karena baru saja meraih medali emas SEA Games 2019.

Jika berkaca dari catatan pertemuan, tentu saja The Daddies diprediksi bakal mampu menundukkan pemegang rnaking 12 dunia itu di laga perdana penyisihan Grup B BWF World Tour Finals 2019.

Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

Memang di pertemuan terakhir, Ahsan/Hendra dikalahkan Aaron/Soh. Ketika itu Ahsan/Hendra dipaksa angkat kaki dari BWF Super 750, Fuzhou China Open 2019, setelah dikalahkan Aaron/Soh di perempatfinal.

Tercatat sepanjang tahun ini saja mereka sudah 5 kali bertemu. 3 laga dimenangkan Ahsan/Hendra. Mereka pertama kali bertemu tahun 2019 di laga perdana Indonesia Masters. Saat itu Aaron/Soh dihabisi dengan mudah oleh Ahsan/Hendra dengan angka 21-13 dan 21-13.

Lalu, mereka bertemu lagi di final All England Open Badminton Championships 2019 dan lagi-lagi Ahsan/Hendra berhasil melumat Aaron/Soh.

Setelah di All England mereka bentrok di babak kedua Badminton Asia Championships 2019, ketika itu Ahsan/Hendra terpaksa walkover karena cedera. Dan setelah itu mereka berjumpa di babak 16 besar Denmark Open 2019, di ajang ini Ahsan/Hendra juga kembali melibas Aaron/Soh.

Meski begitu, Ahsan/Hendra harus ekstra hati-hati menghadapi ganda ini. Sebab mereka sangat militan dan di SEA Games saja cuma mereka yang mampu mengalahkan ganda-ganda putra Indonesia.

Ahsan/Hendra dan Aaron/Soh berada di Grup B bersama dua ganda asal Taiwan, Lu Ching Yao/Yang Po Han dan Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Yang perlu  diketahui lagi, Aaron/Soh merupakan satu-satunya wakil Malaysia yang menodai kejayaan tim beregu putra RI saat merebut medali emas SEA Games 2019. Mereka menodai kejayaan Indonesia dengan menciptakan satu-satunya kekalahan bagi RI.

Aaron/Soh menodai kejayaan RI setelah di final secara tak terduga mempecundangi ranking 5 dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Ketika itu RI menang atas Malaysia dengan skor 3-1.

Baca: Kevin/Marcus Bentrok Vs Musuh Bebuyutan di BWF World Tour Finals

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya