Antiklimaks, Indonesia Tangisi Kekalahan di Final SEA Games 2019

Final Sea Games 2019 Indonesia vs Vietnam
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Isak tangis Garuda Muda pun pecah kala Timnas Indonesia harus takluk 0-3 dari Vietnam di laga final sepakbola putra SEA Games XXX Filipina, Selasa malam 10 Desember 2019 di Rizal Memorial Stadium, Manila. Pupus sudah mimpi publik Tanah Air menyaksikan kembalinya emas SEA Games yang telah lepas sejak 28 tahun silam.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Skuat Garuda Muda menurunkan komposisi sebagaian besar materi andalannya. Adapun yang tak ditampilkan di babak pertama yakni Egy Maulana Vikri, Nurhidayat, Muhammad Rafli dan Syahrian Abimanyu.

Gelombang serangan Indonesia di awal babak pertama cukup rapih terbangun melalui kreasi Sani rizki, Saddil Ramdani dan Witan Sulaeman. Osvaldo Haay yang mengincar tahta top scorer SEA Games 2019 kerap ditempel ketat bek Vietnam dan dimatikan pergerakannya.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Menit 24, skuat Garuda harus kehilangan Evan Dimas yang mengalami cedera usai ditekel lawan. Posisi Evan pun harus digantikan Syahrian Abimanyu.

Ditinggal Evan Dimas, skema permainan Indonesia pun berantakan. Akibatnya, Vietnam pun leluasa dan berhasil membobol gawang Nadeo Argawinata.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Di menit 40, Vietnam mampu memaksimalkan set piece tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Indonesia dan berhasil disambut tandukan keras Doan Van Hau yang gagal diantispasi penggawa Garuda. Vietnam pun unggul 1-0 yang bertahan hingga peluit akhir babak pertama ditiupkan wasit.

Babak kedua bergulir, Indra Sjafri menarik keluar Witan Sulaeman dan memmasukan Egy Maulana Vikri. Determinasi skuat Garuda yang diharapkan bisa tercipta, justru jadi bertambahnya gol untuk lawan.

Gol kedua Vietnam tercipta di menit 65 lewat Hung Dung Do. Kemelut terjadi di sisi kiri sayap timnas Indonesia saat Firza Andika teledor tak membuang bola jauh ke daerah lawan dan dimanfaatkan lawan memperbesar kedudukan menjadi 0-2 untuk Vietnam.

Gol ketiga Vietnam terjadi kembali melalui situasi set piece tendangan bebas  dan juga dicetak oleh pemain yang sama dengan gol pertama, Doan Van Hau pada menit 72. Skuat The Golden Star pun makin berlenggang 3-0.

Pelatih Vietnam asal Korea Selatan, Park Hang-seo harus diusir keluar area bench karena melakukan protes berlebihan kepada wasit.

Dan sampai waktu laga berakhir, skor tiga gol tanpa balas untuk kemenangan Vietnam bertahan dan membawa mereka merebut emas sepakbola putra untuk pertama kalinya, yang sekaligus disandingkan dengan emas sepakbola putri di SEA Games 2019 ini.  

Susunan pemain:
Indonesia:
Nadeo Argawinata; Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika, Asnawi Mangkualam; Evan Dimas Darmono (Syahrian Abimanyu 25’), Zulfiandi, Sani Rizki (Muhammad Rafli 64’); Saddil Ramdani, Witan Sulaeman (Egy Maulana Vikri 46’); Osvaldo Haay.

Vietnam: Nguyen Van Toan; Huynh Tan Sinh, Ho Tan Tai, Doan Van Hau, Nguyen Trong Hoang, Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung, Nguyen Thanh Chung, Nguyen Duc Chien, Nguyen Tien Linh, Ha Duc Chinh (Van Thai Truong 65’)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya