Bersiaplah, Ini Jadwal 20 Pertandingan Besar di BWF World Tour Finals

BWF World Tour.
Sumber :
  • IG Goh Liu Ying

VIVA – Ajang yang ditunggu-tunggu pecinta bulutangkis dunia akhir tiba juga. Ya hari ini, Rabu 11 Desember 2019, puncak rangkaian turnamen bulutangkis tahunan dunia akan dilangsungkan di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, China.

2023 dan Catatan Terburuk Bulutangkis Indonesia

Di hari pertama ini, 64 pebulutangkis yang terpilih untuk tampil di ajang BWF World Tour Finals 2019 langsung turun tanding untuk meraup poin agar bisa lolos dari penyisihan grup dan merebut tiket ke semifinal.

Berdasarkan jadwal pertandingan yang disiarkan penyelanggara ajang berhadiah total 1.500.000 Dolar Amerika Serikat ini, ada 20 pertandingan babak penyisihan grup yang bakal digelar secara bergantian di dua arena atau seksi yang telah dipersiapkan.

Apriyani/Fadia Permalukan Ganda Putri China di Ranking Dunia

Dari 20 laga itu, jadwal pertandingan dibagi lagi menjadi dua waktu. pertandingan pertama hingga kelima akan dilangsungkan pukul 11:00 AM waktu setempat atau pukul 10:00 WIB. Dan pertandingan keenam hingga sepuluh dilangsungkan pukul 06:00 PM atau pukul 17:00 WIB.

Tungga putri India, PV Sindhu sukses juarai BWF World Tour Finals 2018

Fajar/Rian Dipecundangi Ganda Korsel di Ranking Dunia

Seksi I

Pukul 10:00 WIB

Laga pertama digelar babak penyisihan ganda campuran dari Grup A antara Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dengan Seo Seung Jae/Shin Seung Chan.

Lalu di pertandingan kedua ada derby ganda putra penyisihan Grup B antara dua wakil Taiwan, yakni Lee Yang/Wang Chi-Lin melawan Lu Ching Yao/Yang Po Han.

Pada pertandingan ketiga akan dilangsungkan lagi laga ganda campuran Grup A antara juara bertahan Wang Yilyu/Huang Dongping melawan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Selanjutnya di laga keempat dan kelima merupakan laga penyisihan tunggal putra Grup. Dimulai dan duel dua raja bulutangkis dunia melibatkan Juara Dunia 2 kali sekaligus peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 Chen Long melawan Juara Dunia 2017, Viktor Axelsen di pertandingan keempat. Dan Chou Tien Chen melawan Anthony Sinisuka Ginting di laga kelima.

Pukul 17:00 WIB

Di laga keenam bakal dilangsungkan laga besar antara juara bertahan BWF World Tour Finals 2018, Li Junhui/Liu Yuchen. Juara Dunia 2018 itu akan berhadapan dengan musuh bebuyutan mereka asal Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Pertarungan keduanya merupakan laga perdana penyisihan Grup A.

Setelah itu di laga ketujuh ada duel penyisihan Grup B tunggal putra yang melibatkan Nozomi Okuhara melawan ranking 1 dunia, Tai Tzu Ying.

Pertandingan kedelapan yakni penyisihan Grup A tunggal putra antara pemain debutan Wang Tzu Wei melawan raja bulutangkis dunia, Kento Momota.

Laga kedelapan diisi dengan pertandingan penuh dendam antara Juara Dunia 2018 dan 2019 Zheng Siwei/Huang Yaqiong dengan juara All England Open 2018, Yuta Watanabe Arisa Higashino.

Dan yang terakhir atau yang paling malam di seksi I ini yakni pertarungan penyisihan Grup tunggal putra antara Jonatan Christie melawan raja bulutangkis Eropa, Anders Antonsen.

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

Seksi II

Pukul 10:00 WIB

Di pertandingan pertama derby ganda putri Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong melawan ranking 5 dunia, Lee So Hee/Shin Seung Chan. Mereka bertarung di penyisihan Grup B.

Dilanjutkan perang saudara sesama ganda putra Jepang di penyisihan Grup A antara Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dengan Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Kemudian di pertandingan ketiga akan bertanding sang ratu ganda putri dunia, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara. Juara Dunia 2018 dan 2019 ini akan bertanding di penyisihan Grup A melawan Jongkolphan Kittitharakul/Rawinda Prajongjai.

Laga keempat dilangsungkan pertarungan antara Juara Dunia 2019, Mohammad Ahsan/Hendra Setiwan. Mereka bertarung di Grup B melawan peraih medali emas SEA Games 2019, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Nah yang paling seru nih, dari pertanding kelima, keenam hingga ketujuh, semua merupakan laga bertajuk perang saudara karena semua pemain yang akan turun akan saling hajar dengan rekan senegaranya.

Dimulai dari duel tunggal putri Thailand antara Ratchanok Intanon melawan debutan Busanan Ongbamrungphan yang tampil di Grup B.


Pukul 17:00 WIB

Dilanjutkan derby ganda campuran RI di Grup B antara Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Seusai itu terjadi lagi derby ganda putri China di Grup A, antara Chen Qingchen/Jia Yivan melawan Du Yue/Li Yinhui.

Pertandingan kedelapan bakal tampil Yuki Fukushima/Sayakaa Hirota melawan Greysia Polii/Apriyani di penyisihan ganda putri Grup A.

Pada laga kesembilan kembali terjadi derby China, kali ini dari sektor tunggal putri yang tergabung di Grup A antara juara All England Open 2019, Chen Yuvei dengan He Bingjiao.

Dan terakhir atau laga termalam bakal hadir ratu bulutangkis terkaya sejagat, Pusarla Sindhu berhadapan dengan Akane Yamaguchi.

Baca: Fakta Duel Anthony Ginting Vs Ranking 2 Dunia di BWF World Tour Finals

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya