Miris, Juara SEA Games Tumbang Lagi di BWF World Tour Finals

BWF World Tour.
Sumber :
  • IG Soh Wooi Yik

VIVA – Nasib peraih medali emas SEA Games 2019, Aaron Chia/Soh Wooi Yik benar-benar tragis. Bagaimanan tidak mereka menjadi korban pertama ganasnya BWF World Tour Finals 2019.

Fajar/Rian Juara All England 2024

Penguasa ranking 12  dunia ini menjadi ganda pertama yang gagal lolos  ke semifinal ajang berhadiah total 1.500.000 Dolar Amerika ini.

Mereka dipastikan tak lolos ke semifinal setelah mengalami dua kekalahan beruntun di babak penyisihan Grup B.

2023 dan Catatan Terburuk Bulutangkis Indonesia

Kekalahan terbaru mereka alami beberapa menit lalu, runnerup All England Open Championships 2019 ini ditundukkan ganda senior Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Dalam pertarungan yang dilangsungkan di Tianhe Gymansium, Guangzhou, China, Kamis 12  Desember 2019, Aaron/Soh dilumat Lee/Wang melalui rubbergame.

Apriyani/Fadia Permalukan Ganda Putri China di Ranking Dunia

Memang sih, tak mudah bagi Lee/Wang untuk menghabisi ganda asal Malaysia itu. Di game pertama saja, mereka dibuat kewalahan untuk bisa merebut kemenangan, meski akhirnya menang 22-20. Tapi sebelumnya Lee/Wang dibuat kocar-kacir untuk mendapatkan 1 poin pamungkas.

Ketika itu Lee/Wang memiliki peluang untuk menang karena unggul jauh pada kedudukan 20-17. Namun, Aaron/Soh berhasil menyamakan angka 20-20. Sehingga tercipta deuce.

Kekalahan di game pertama cukup membuat semangat Aaron/Soh membara terbukti mereka mampu meladeni permainan apik ganda Taiwan itu. Efeknya sejak laga dimulai hingga di detik akhir terjadi pertarungan yang benar-benar sengit.

Malahan Aaron/Soh sempat membuka peluang merebut kemenangan saat unggul tipis 19-20. Namun, poin terakhir gagal didapat setelah Lee/Wang menyamakan skor 20-20.

Setelah itu justru giliran Lee/Wang yang berbalik unggul pada angka 21-20. Dan cuma butuh 1 angka membuat Aaron/Soh merana. Hanya saja, secara tak terduga Aaron/Soh mampu merebut 3 poin beruntun untuk berbalik merebut kemenangan secara dramatis dengan skor 21-23.

Di game terakhir, Aaron/Soh tak kuasa  lagi membendung dahsyat serangan Lee/Wang. Mereka hanya mampu mengimbangi permainan Lee/Wang di awal-awal game saja dan akhirnya mereka dipaksa menyerah dengan angka telak 21-14.

Dengan kemenangan ini maka Lee/Wang dipastikan lolos ke semifinal BWF World Tour Finals 2019. Karena dia sudah meraih 2 kemenangan dari 2 laga. Saat ini Lee bertengger di  posisi teratas klasemen Grup B.

Sementara itu, dengan kekalahan ini Aaron/Soh dipastikan gagal lolos ke semifinal, sebab kini mereka semakin terperosok lebih dalam ke posisi buncit klasemen sementara Grup B. Sebab di laga perdana dia juga dilibas sang Juara Dunia 2019, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Memang Aaron/Soh masih menyisakan satu laga lagi melawan Lu Ching Yao/Yang Po Han. Hanya saja meski mereka menang, tetap saja mereka cuma bisa bertengger di posisi ketiga. Mereka hanya bisa lolos ke semifinal jika terjadi kejadian yang luar biasa saja, misalnya Lee/Wang atau Ahsan/Hendra mendadak mundur dari ajang ini.

Dua kekalahan yang dialami Aaron/Soh ini sungguh sangat  menyakitkan, sebab mereka baru saja tampil perkasa menyumbang medali emas dan medali perak bagi Malaysia. Dia menjadi satu-satunya ganda putra yang tak pernah merasakan kekalahan di SEA Games 2019.

Baca: Ratu Bulutangkis Terkaya Sedunia Tersungkur di BWF World Tour Finals

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya