Ajang Kualifikasi Berkuda Asia, Atlet Indonesia Dibesut Pelatih Rusia

Atlet berkuda Indonesia, Ivana Putri Sentosa bersama pelatih Alla Poloumieva
Sumber :
  • VIVA/Donny Adhiyasa

VIVA – Perhelatan ajang Kualifikasi Asian Equestrian Federation (AEF) 2020 bakal berlangsung di Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Pulomas, Jakarta pada 13-15 Desember 2019. Kejuaraan berkuda level Asia tersebut bakal diikuti deretan atlet berkuda elite Asia, termasuk wakil tuan rumah, Indonesia.

Jatuh dari Kuda, Celine Evangelista Mimisan Hingga Sulit Gerakkan Tubuhnya

Meski berlabel sebagai tuan rumah, masalah dan kendala justru harus menerpa salah satu penggawa andalan Merah Putih, Ivana Putri Santosa. 

Dara berusia 15 tahun tersebut mendadak ditinggalkan  pelatih yang selama ini mendampinginya berlatih dan bertanding. Sang pelatih, James Octavianus tiba-tiba  tidak bisa mendampingi Ivana dalam ajang tersebut, dan harus  berangkat melatih atlet berkuda lainnya di Thailand.

3 Olahraga yang Disunnahkan Rasulullah Berikut Manfaatnya untuk Tubuh

Situasi ini pun coba diatasinya dengan berupaya segera mendatangkan pelatih baru. Hal ini jadi prioritas Ivana, mengingat persiapan jelang ajang bergengsi tersebut sudah memasuki fase akhir.

"Persiapan pada hari-hari kemarin itu sebenarnya sudah sama om James tapi gara-gara dipanggil dadakan untuk nemenin temen ke Thailand, maka saya tidak ada pelatih pendamping," ungkap Ivana kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Atlet Muda Berkuda Asal Sumut Boyong 3 Gelar di Jumping Master 2024

Atlet berkuda Indonesia, Ivana Putri Sentosa bersama pelatih Alla Poloumieva

Atlet berkuda yang juga siswi SMA Negeri 1 Semarang ini pun akhirnya memilih untuk didampingi pelatih asal Rusia, Alla Poloumieva meski waktu persiapan semakin terbatas.

"Mama kemudian kepikiran coach Alla. Karena aku pernah coaching clinic di klubnya coach Alla. Kebetulan coach Alla bersedia meski baru pulang dari Thailand," jelas Ivana.

Ivana pun digenjot latihan dan persiapan serius dengan kuda Black Peony di bawah arahan langsung Alla Poloumieva, yang merupakan pelatih bertangan dingin di kancah Eropa. 

"Latihan lebih berat sama ya sama pelatih baru. Semuanya harus sempurna karena beliau kan juga punya reputasi dan nama baik," ujar Ivana.

Ivana membidik kesempatan kembali tampil pada Asian Equestrian Federation (AEF) di Qatar pada 2020, dimana sebelumnya ia sukses jadi finalis ajang yang sama tahun lalu.

Ivana harus lolos fase kualifikasi yang akan berlangsung di Jakarta International Equestrian Park, Pulomas, Jakarta pada akhir pekan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya