Mundur dari BWF World Tour Finals, Raja Super Series Pernah Bengek

Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Kejutan terjadi di laga pamungkas grup B, BWF World Tour Finals, Jumat 13 Desember 2019. Raja Super Series, Viktor Axelsen mendadak mundur, hal ini terjadi saat berhadapan dengan Anthony Sinisuka Ginting.

2023 dan Catatan Terburuk Bulutangkis Indonesia

Berlaga di Tian Tianhe Gymnasium, Guangzhou, China, Axelsen menyatakan mundur. Ini terjadi saat Anthony tengah unggul 13-6. 

"Anthony Sinisuka Ginting [INA] vs Viktor Axelsen [DEN] 13-6 Retired. Viktor mundur, Ginting lolos sebagai juara grup," dilansir dari  twitter Badminton Indonesia.

Apriyani/Fadia Permalukan Ganda Putri China di Ranking Dunia

Axelsen sudah dipastikan sebelumnya menjadi tunggal putra pertama yang harus tersingkir dari BWF World Tour Finals 2019.

Kasus mundurnya Axelsen bukan kali ini saja, sebelumnya juga pernah terjadi. Ia mendadak menyatakan mundur membela Denmark di European Games 2019, akibat penyakit asma alias bengek yang sudah lama diidapnya, kambuh lagi. Kejuaraan tersebut kala itu dilangsungkan di Falcon Club, Minsk, Belarus, Jumat Pahing, 21 Juni 2019.

Fajar/Rian Dipecundangi Ganda Korsel di Ranking Dunia

Axelsen memang sudah lama menderita bengek. Puncaknya, terjadi pada September 2018 di China Open, dia tumbang dan terkapar di lapangan ketika itu juga berhadapan dengan Anthony.

Viktor menceritakan, penyakit pernapasan itu membuatnya sulit untuk bertanding. Jangankan untuk turun dalam sebuah kejuaraan, untuk berlatih pun dia mengaku kesulitan.

"Saya masih memiliki masalah dengan pernapasan saya hari ini. Dan bahkan jika saya hanya melakukan beberapa pelatihan yang sangat sederhana di lapangan, saya akan terus batuk," kata dia.

Baca: Raja Super Series Mendadak Mundur dari BWF World Tour Finals

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya