Tak Cuma Sepakbola, Arena Berkuda Kini Juga Punya Liga Champions

Menpora Zainudin Amali hadiri ajang Equastrian Champions League (ECL).
Sumber :
  • Equastrian Champions League (ECL)

VIVA – Bila selama ini pentas Liga Champions begitu lekat dengan persaingan di arena sepakbola, turnamen elite serupa pun kini hadir di olahraga berkuda. Mengusung nama Equestrian Champions League (ECL), arena berkuda pun coba memakai label bergengsi tersebut.

Jatuh dari Kuda, Celine Evangelista Mimisan Hingga Sulit Gerakkan Tubuhnya

ECL merupakan liga berkuda equestrian antar klub berkuda yang ada di Indonesia. Peserta pertandingan dari beragam usia begitu juga hadirin yang datang.

Sebanyak 300 peserta dari 25 klub equestrian se-Indonesia dengan 150 atlet dan 200 kuda meramaikan berbagai kelas yang dipertandingkan turnamen yang digelar selama tiga hari, di Jakarta International Equestrian Park (JIEP) Pulomas, Jakarta, 13-16 Desember 2019.

3 Olahraga yang Disunnahkan Rasulullah Berikut Manfaatnya untuk Tubuh

Menpora Zainuddin Amali yang turut hadir cukup antusias menyaksikan arena para atlet berkuda nasional untuk beraksi dalam rangkaian event bertajuk Jakarta Internasional Horse Show yang diselenggarakan untuk pertama kalinya itu.

Keberadaanya ECL merupakan 
kombinasi dari olahraga equestrian yang kompetitif, pengetahuan tentang berkuda dan sarana hiburan untuk keluarga.

Atlet Muda Berkuda Asal Sumut Boyong 3 Gelar di Jumping Master 2024

Kompetisi berkuda equestrian tingkat nasional ini diselenggarakan di dua tempat berstandar internasional. Kedua tempat yang akan digunakan ECL juga telah menjadi venue pada Asian Games 2018.

Kompetisi ECL juga bertujuan mempromosikan atlet dan kuda equestrian Indonesia pada dunia. Tak hanya terkait atlet, ECL mendorong kesadaran akan kesejahteraan kuda dan penunggang dengan pendekatan holistik pada perawatan kuda.

Berbagai kelas yang dipertandingkan itu meliputi kategori show jumping (lompat rintangan) dan dressage (tunggang serasi).

Berbagai atraksi berkuda yang turut ditampilkan dalam ajang tersebut antara lain:
- Demonstrasi kavaleri berkuda dari Detasemen Kavaleri Berkuda dari TNI Angkatan 
Darat,
- Horseback Archery dari perkumpulan pemanah berkuda Indonesia, 
- Indonesian Stallion Parade yang menampilkan kuda-kuda pejantan dari Indonesia. 
- Kuda-kuda poni yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri.

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Chaidir Saddak juga turut menyaksikan sejumlah agenda dalam gelaran tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya