Ratu Bulutangkis Dibantai Juara All England di Final BWF World Tour

BWF World Tour.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Penguasa ranking 1 ganda putri dunia, Chen Qingchen/Jia Yifan menjuarai BWF World Tour Finals 2019 usai membantai ratu bulutangkis dunia, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

2023 dan Catatan Terburuk Bulutangkis Indonesia

Dalam laga final yang baru saja dilangsungkan di Tianeh Gymnasium, Guangzhou, China, Minggu 15 Desember 2019, Chen/Jia menang dua game langsung.

Sejak game pertama juara All England Open 2019 itu langsung tampil ganas, 5 poin beruntun didapatkan melalui serangan apik, skor 5-0.

Apriyani/Fadia Permalukan Ganda Putri China di Ranking Dunia

Mayu/Wakana berusaha lepas dari tekanan, mereka sempat mendapatkan peluang setelah memperoleh 1 poin pemecah kebuntuan. Sayang mereka gagal menggandakan angka karena servis Wakana dianggap keluar, skor pun berubaha 6-1.

Tapi memang ranking 1 dunia tampil sangat baik, apalagi mendapatkan dukungan penuh dari suporter di kandang mereka sendiri.

Fajar/Rian Dipecundangi Ganda Korsel di Ranking Dunia

BWF World Tour.

Terlihat sekali Juara Dunia 2018 dan 2019 sangat tertekan. Dalam laga itu Mayu/Wakana lebih banyak bertahan ketimbang menyerang. Dampaknya hingga jeda poin mereka tercecer jauh pada angka 11-6.

Selepas jeda, Mayu/Wakana belum juga mampu lepas dari tekanan, di satu sisi Chen/Jia masih membara dan mereka berhasil mendongkrak angka jadi 13-6. Malahan hingga menit 14 Chen/Jia unggul jauh 17-10.

Pada menit 20, perolehan angka semakin berjarak jauh dan Chen/Jia mendapatkan peluang untuk menang dengan keunggulan 20-13. Meski mendapatkan perlawanan keras, akhirnya di menit 21 Chen/Jia merebut kemenangan dengan angka 21-14 setelah bola panjang dari Mayu keluar lapangan.

BWF World Tour.

Di game kedua Chen/Jia benar-benar tak memberikan kesempatan pada ganda Jepang itu untuk bangkit dari keterpurukan, dan lagi-lagi Chen/Jia memanfaatkan kelamahan pertahanan Wakana. Saat jeda saja ganda China itu sudah unggul jauh pada skor 11-4.

Mayu/Wakana terlihat bingung untuk bisa lepas dari tekanan. Mereka benar-benar dipaksa bertahan dan akhirnya di menit 43 Chen/Jia menutup game dengan kemenangan 21-10.

Dengan hasil ini, China berhasil merampas tahta juara BWF World Tour Finals dari tangan Jepang, perlu diketahui, Jepang merupakan peraih juara ganda putri BWF World Tour Finals 2018 melalui Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Baca: Ngeri, Ranking 1 Dunia Nyaris Pingsan di Final BWF World Tour Finals

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya