Bambang Pamungkas, Sang Legenda Sebenarnya

Penyerang Persija Jakarta dan eks timnas Indonesia, Bambang Pamungkas
Sumber :
  • Twitter/@bepe20

VIVA – Peluit panjang itu telah dibunyikan, tanda pertandingan telah berakhir. Hal itulah yang mungkin lazim diketahui bagi insan sepakbola.

Selain Perpanjangan Kontrak, Erick Thohir Ungkap Perbincangan dengan Shin Tae-yong di Qatar

Namun peristiwa besar terukir saat tiupan peluit panjang dari wasit Faulur Rosy saat menuntaskan laga Liga 1 2019, Persija Jakarta kontra Persebaya Surabaya, Selasa 17 Desember 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.  

Peristiwa besar itu seolah jadi titik tuntas dari petualangan membanggakan dari karier salah satu maestro sepakbola terbesar yang pernah ada di negeri ini. Ya, legenda Merah Putih Bambang Pamungkas menemui jejak pamungkasnya di sengitnya arena lapangan hijau.

Ini Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia

Momen penuh makna dan kesan mendalam itu pun terasa menggetarkan seluruh jiwa yang menyaksikan sang legenda berucap sabda untuk dipenghujung jalan panjang petualangannya itu.

Pria 39 tahun itu memberikan sambutan terakhir dan mengumumkan masa pensiunnya setelah mengarungi karier sebagai pemain profesional sepakbola selama hampir 20 tahun.

PSSI Buka Suara soal Nilai Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia hingga 2027

“Orang bijak berkata, laki-laki sejati tidak menangis, tapi hatinya berdarah. Malam ini, ijin kan saya untuk menjadi seorang laki-laki sejati, dengan tidak banyak berbicara, agar saya tidak menangis, cukup hati saya yang berdarah,” ungkap Bepe nan menggelegar dalam momen spesial seusai laga.

Pada laga berbalut momen perpisahan itu, Bepe masuk sebagai pemain pengganti Sandi Sute di menit 76 dan gagal menghindari Persija dari kekalahan 1-2 dari skuat Bajul Ijo.

“Saya pernah menjadi top skor di sini. Menjadi pemain terbaik di sini. Dan saya pernah menjadi juara di sini. Namun demikian saya juga pernah patah kaki di sini, mengalami depresi di sini, dan dianggap sebagai penghianat juga di sini,” ujar Bepe.

“Namun dalam segala kondisi yang saya alami, kalian semua ada di belakang saya Terima kasih dari hati yang paling dalam untuk kalian semua. Pemain sepakbola besar bukan seberapa jauh dia melangkah, seberapa cepat dia sampai, namun jejak apa yang dia tinggalkan,” tambahnya.

Sepanjang kariernya, Bepe sudah mencetak lebih dari 250 gol baik di level klub maupun tim nasional. Bahkan Bepe hingga detik ini masih merupakan pemain dengan catatan penampilan terbanyak dengan seragam timnas Indonesia yakni dengan 86 laga, dengan koleksi 38 gol.

“Dan untuk itu, dari lubuk hati saya yang paling dalam saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. Kalian semua akan selalu memiliki tempat spesial dalam hati saya. Semoga selama saya menjadi bagian dari Persija Jakarta, saya dapat meninggalkan kesan yang baik di hati kalian semua,” tegas suami dari Tribuana Tungga Dewi itu.

Sejumlah rekan, kerabat serta sosok-sosok sesama insan pesepakbola Tanah Air pun menyampaikan rasa respek, kenangan dan terima kasihnya kepada sang legenda kebanggaan Indonesia tersebut. Sekali lagi, terima kasih Bambang Pamungkas!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya