Capai Target SEA Games, PBWI Gelar Festival Wushu

Laga tim wushu Indonesia di SEA Games 2019
Sumber :
  • IG 2019 SEA Games PH

VIVA – Sukses memenuhi capaian target medali emas di SEA Games 2019, cabang olahraga Wushu tak lantas terlena dengan torehan tersebut. Sejumlah agenda pun sudah menanti untuk segera digulirkan.

Menko Airlangga Bertemu Menteri Singapura Bahas KEK hingga Kerja Sama Ketenagakerjaan

Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) mengumumkan akan memberikan apresiasi bonus kepada para atlet yang mengukir prestasi di ajang pesta olahraga Asia Tenggara ke-30 di Filipina yang lalu.

Agenda tersebut jadi salah satu fokus Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto yang berambisi konsisten menorehkan prestasi gemilang wushu baik di ajang multievent ataupun single event.

Kata Airlangga soal Isu Partai NasDem dan PPP Gabung Koalisi Prabowo: Bagus

Pada SEA Games 2019 di Filipina lalu, wushu berhasil mewujudkan target yang dibidiknya yakni memboyong raihan 2 medali emas, yang juga dilengkapi oleh toreha 5 perak dan 2 perunggu.

Ada pun momen pemberian bonus tersebut akan dilangsungkan jajaran PBWI bersamaan dengan digelarnya agenda Festival Wushu bertajuk Wufest Taolu Championship pada 20-22 Desember 2019 di Wisma Serbaguna Gelora Bung Karno Jakarta.

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Ini Harapan Airlangga

Ada pun besaran bonus yang bakal diterima oleh para penggawa wushu Merah Putih itu belum bisa disebutkan detail nominalnya, seperti yang diungkapkan Sekjen PBWI, Ngatino.

"Untuk rincian nominal jumlah bonusnya sekarang belum bisa diumumkan, nanti harus dikomunikasikan lagi dengan bapak Ketua Umum. Tapi saya harap kita tidak melihat dari angkanya, namun lebih ke apresiasi yang memang selalu rutin kita berikan pada atlet-atlet wushu yang mengukir prestasi gemilang," ujar Ngatino kepada para wartawan di Jakarta.

Nantinya, momen penyerahan bonus skuat wushu di SEA Games 2019 akan digelar dalam kemeriahan pembukaan festival wushu bertajuk Wufest Taolu Championship 2019.

"Sengaja penyerahan bonus untuk atlet dan pelatih peraih medali SEA Games 2019 kita laksanakan bersamaan dengan pembukaan Wufest Taolu Championship 2019. Tujuannya untuk memotivasi para atlet-atlet peserta. Sehingga mereka akan lebih bersemangat dalam berlatih agar bisa mengikuti sukses yang ditorehkan para seniornya," tambah Ngatino.

Event perdana yang khusus mempertandingkan nomor taolu (nomor seni) ini disambut antusias oleh para pewushu muda sejumlah provinsi di Indonesia. 

Sebanyak 382 atlet dari 28 sasana asal 9 provinsi yakni Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Kalimantan Barat bakal ikut ambil bagian.

Festival ini akan hanya dikhususkan mempertandingkan sembilan kategori usia mulai dari usia 6  hingga 15 tahun.

Wufest Taolu Championship 2019 akan memperebutkan Piala Ketua Umum PBWI, Airlangga Hartarto untuk juara umum dan Piala Ketua PWI Pusat untuk kategori The Best.

Direncanakan Wufest Taolu Championship 2019 akan dibuka langsung oleh Menpora Zainudin Amali pada Jumat 20 Desember mulai pukul 19.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya