Terkuak Borok Hiroyuki/Yuta, Duo Jepang yang 5 Kali Hajar Kevin/Marcus

Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe boleh saja berbangga karena menjadi satu-satunya ganda putra yang paling ditakuti Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Ganda Putra Indonesia Siap Tempur di India Open 2024

Selama tahun 2019 ini, ganda Jepang itu sudah mengalahkan The Minions 5 kali beruntun dalam 5 pertemuan di berbagai ajang bulutangkis dunia. 4 kemenangan di raih di tur BWF dan satu kemenangan di final Badminton Asia Championships 2019.

Namun yang harus diketahui, 4 kemenangan beruntun di BWF World Tour dari Kevin/Marcus tak bisa menutupi buruknya reputasi Hiroyuki/Yuta di BWF World Tour 2019.

Pembuktian dan Perbaikan Fajar/Rian, Mulai dari Malaysia Open 2024

Gaung kemenangan yang mereka dapatkan ketika mengalahkan Kevin/Marcus tak lantas bisa mendongkrak nama mereka bisa disejajarkan dengan para raksasa ganda putra dunia.

Sebab, faktanya memang sepanjang tahun 2019 ini, Hiroyuki/Endo bukan ganda putra yang sering turun naik podium juara kok.

Respons Ginting Usai Tersingkir Secara Tragis dari BWF WTF 2023

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

Pemegang ranking 6 dunia terbukti nyaris saja tak mengantongi gelar juara apapun lho di turnamen tahunan BWF. Sepanjang tahun 2019 ini mereka cuma mampu membawa pulang 1 gelar juara saja. Dan gelar juara itu pun diraih cuma di turnamen kasta keempat dunia.

Di tahun 2019 Hiroyuki/Yuta hanya mampu menjuarai BWF World Tour Super 300. Yakni German Open 2019. Di turnamen yang berhadiah total 150.000 Dolar Amerika Serikat itu, Hiroyuki/Endo naik podium setelah mengalahkan rekan senegaranya, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di final.

Dan yang harus menjadi catatan penting, Hiroyuki/Yuta bisa dengan mulus lolos ke final dan menjuarai German Open 2019 karena memang lawan-lawan yang mereka hadapi adalah ganda-ganda putra yang notabene jika dilihat dari daftar ranking dunia, kualitasnya berada di bawah Hiroyuki/Yuta.

Di turnamen itu ganda-ganda penguasa ranking 3 besar dunia tak turun tanding kok. Misalnya Kevin/Marcus, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Li Junhui/Liu Yuchen. Bahkan sekelas Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tak ikut.

Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Jika dilihat dari komposisi ganda putra yang turun di turnamen ini, sangat pantas kiranya Hiroyuki/Yuta mampu juara. Sebab lawan terberat mereka hanya Takeshi/Keigo saja. Di turnamen ini Takeshi/Keigo merupakan unggulan 1 dan Hiroyuki/Yuta unggulan 2.

Selain itu, mereka cuma mendapatkan 2 gelar runnerup. Yang pertama di BWF World Tour Super 300 yakni New Zealand Open 2019 dan BWF World Tour Finals.

Memang sih, di luar ajang BWF World Tour 2019 mereka berjaya merajai ganda putra Asia dengan merebut medali emas Badminton Asia Championships 2019. Nah begitulah fakta sebenarnya dari penghancur Kevin/Marcus ini.

Nah jika berkaca dari reputasi buruk ini, tentunya sebagai orang Indonesia, kita lebih bangga pada Kevin/Marcus dong. Walau 5 kali dikalahkan Hiroyuki/Yuta, tapi tahun 2019 ini mereka sudah borong 8 gelar juara BWF World Tour.

Baca: Luar Biasa, China Kembali Jadi Raja Penguasa Bulutangkis Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya