Shesar Bentrok Vs Penghancur Ginting di Final Tragis dan Kontroversi

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Turnamen pembuka tahun 2020 bakal digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Turnamen bulutangkis dunia BWF World Tour Super 500, berjuluk Malaysia Masters ini bakal berlangsung mulai 7 hingga 12 Januari.

Hari Pertama Indonesia Masters 2024, Awal Baik bagi Tuan Rumah

Meski turnamen masih 11 hari lagi, tapi penyelenggara dan Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF sudah menerbitkan undian Malaysia Masters 2020.

Nah, di edisi kali ini VIVAbadminton, Jumat 27 Desember 2019, bakal mengulas tentang hasil undian di sektor tunggal putra. Tapi bukan tentang Jonatan Christie atau Anthony Sinisuka Ginting lho.

Syed Modi 2023, Vito Digilas Tunggal Putra Malaysia di Babak Pertama

Yang menarik ialah duel perdana Shesar Hiren Rhustavito. Pebulutangkis ini mendapatkan undian laga 32 besar Malaysia Masters 2020 melawan Lee Cheuk Yiu. Siapa sebenarnya lawan Shesar ini?

Lee merupakan pebulutangkis muda Taiwan, usianya baru 23 tahun dan kini menduduki ranking 24 dunia. Sebenarnya Lee bukan pemain top dunia yang ditakuti di kancah bulutangkis jagat.

Syed Modi 2023 Hari Ini, Vito Tempur hingga Debut Marcus/Rayhan

Shesar Hiren Rhustavito

Namun, namanya mulai melejit ketika secara tak terduga tampil sebagai juara di BWF World Tour Super 500, Hong Kong Open 2019. Padahal di turnamen ini seluruh tunggal putra terbaik dunia turun tanding lho. Mulai dari sang raja bulutangkis dunia, Kento Momota. Ranking 2 dunia, Chou Tien Chen. Ada Chen Long hingga Lin Dan.

Yang lebih hebat lagi, Lee mampu jadi juara di turnamen itu di tengah aksi demonstrasi besar-besaran yang terjadi di negaranya. Bahkan, saat final dilangsungkan, para pendemo sudah mendekati arena Hong Kong Open di Hong Kong Coliseum.

Ini merupakan pertemuan pertama Shesar dan Lee. Hanya saja, pertemuan nanti bakal memanas, sebab ada sebuah kisah kontroversi di balik kesuksesan Lee menjuarai Hong Kong Open 2019.

Sudah pasti Shesar bakal mendapat dukungan penuh pecinta bulutangkis Indonesia untuk bisa menyingkirkan Lee dari Malaysia Masters 2019. Sebab, setelah menjuarai Hong Kong Open 2019, Lee sempat menjadi korban kekesalan pecinta bulutangkis. Dia dibully terkait keputusan kontroversi yang dijatuhkan wasit kepada Anthony Sinisuka Ginting di final Hong Kong Open 2019.

Jadi ceritanya begini, di final Hong Kong Open 2019, Lee berhadapan dengan Anthony Ginting di partai final.

Anthony Ginting saat protes ke wasit.

Sebenarnya di dua game normal tak terjadi apa-apa yang memicu kekesalan pecinta bulutangkis walaupun duel berlangsung sengit. Anthony merebut kemenangan game pertama dengan angka 21-16 dan di game kedua Lee membalasnya dengan kemenangan telak 10-21.

Nah, di game ketiga alias game penentu, di awal-awal game kondisi juga normal saja. Malahan pertarungan sengit apalagi ketika Anthony yang sempat tertinggal poin jauh 13-17, tiba-tiba di detik akhir game berhasil menyamakan angka 18-18 dan malah berbalik unggul 19-18.

Duel semakin tegang ketika poin kembali sama kuat 19-19. Hanya saja Anthony mendapatkan peluang untuk memenangkan duel itu setelah unggul 20-19. Namun sayang, Lee bisa menggagalkannya dengan kembali menyamakan angka jadi 20-20.

Tak cuma itu, Lee berbalik membuka peluang setelah berbalik unggul 20-21. Nah di sinilah kontroversi terjadi.

Lee Cheuk Yiu dan Anthony Ginting.

Kontroversi itu terjadi benar-benar di detik-detik terakhir pertarungan. Yakni di menit 77. Dan terjadi di poin terakhir yang didapatkan Lee untuk menyudahi perlawanan Anthony Ginting dan merebut gelar juara.

Jadi, 1 poin kemenangan Lee untuk menyudahi perlawanan Anthony dengan angka 20-22 didapatkan setelah wasit menyatakan Anthony telah melakukan pelanggaran alias fault.

Wasit menilai, Anthony memukul bola yang masih di area permainan Lee. Anthony sempat memprotes keputusan wasit itu. Sayang tak digubris. Bahkan Anthony sempat enggan bersalaman dengan Lee, sampai akhirnya Lee sendiri yang menghampiri Anthony.

Atas dasar kisah kontroversi di atas ini, maka Shesar dipastikan akan tampil menggebu untuk bisa menghancurkan Lee di Malaysia Masters 2020. Peluang Shesar untuk menang cukup besar kok, apalagi di atas kertas posisi ranking Shesar lebih baik dari Lee. Juara  Russian Open 2019 ini kini bercokol di ranking 20 dunia.

Baca: Kisah Tertragis Ahsan/Hendra dan Jonatan Christie yang Kejutkan Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya