Baru 4 Atlet Indonesia yang Lolos Kualifikasi Olimpiade 2020

Lalu Muhammad Zohri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ketua Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari mengungkapkan bahwa Indonesia mempunyai peluang untuk tampil di pesta olahraga paling bergengsi di dunia, yakni Olimpiade Tokyo 2020. Saat ini, para atlet dari beberapa cabang olahraga tengah mempersiapkan diri untuk acara tersebut.

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Mengutip dari VIVAnews, Jumat 27 Desember 2019, Raja Sapta Oktohari menyebutkan saat ini Indonesia memiliki peluang memberangkatkan 31 atlet, untuk tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

"Sampai hari ini, potensinya 31 atlet yang bisa ikut, tapi itu kan masih asumsi. Jadi, bisa lebih atau kurang," ujarnya di Jakarta.

Viral! Perempuan 9 Tahun Mampu Angkat Besi 75 Kg

Pria yang kerap disapa Okto itu menambahkan, jika ia akan bekerja sama dengan beberapa cabor yang atletnya lolos kualifikasi olimpiade, dan berusaha untuk memberangkatkannya sebanyak mungkin.

"Banyak kok yang berpotensi lolos kualifikasi Olimpiade, seperti bulutangkis, panahan, senam, angkat besi, panjat tebing, kano, dan banyak lainnya. Tentu, banyak juga cabor yang bisa memberikan kejutan," katanya. 

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Sampai saat ini, hanya ada tiga atlet dari tiga cabor yang berbeda yang lolos kualifikasi Olimpiade 2020. Mereka adalah Lalu Muhammad Zohri dari cabor atletik, Riau Ega Agatha dan Diananda Choirunisa dari panahan, serta dari cabor menembak ada Vidya Rafika.

Namun, Okto mengaku telah berkomunikasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali terkait pembentukan tim Chief de Mission (CdM) untuk Olimpiade Tokyo 2020. 

"Dalam waktu dekat, pak Zainudin akan mengumumkan CdM Olimpiade Tokyo, jadi mohon sabar sedikit," ungkapnya.

Setelah diumumkan secara langsung, NOC akan mulai membentuk tim CdM untuk Olimpiade Tokyo 2020 dan berkoordinasi dengan cabang olahraga yang berpontensi lolos ke Tokyo tahun depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya