Laga Persija Vs PSM Masuk Daftar Jumlah Penonton Terbanyak Dunia 2019

Final Piala Presiden 2019 Persija vs PSM
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Geliat laga sepakbola nasional terus mendapat perhatian dunia. Kali ini, salah satu pertandingan di kompetisi Tanah Air masuk dalam daftar 15 laga di tahun 2019 dengan penonton terbanyak di dunia.

Kerasnya Latihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23 Diungkap Pemain Persija

Duel final leg pertama Piala Indonesia 2018/2019 antara tuan rumah Persija Jakarta yang menjamu PSM Makassar dinobatkan sebagai pertandingan sepakbola dengan penonton terbanyak di dunia urutan ke-14, yang dilansir situs Transfermarkt.

Dalam laga yang dimenangkan skuat Macan Kemayoran berkat gol tunggal Ryuji Utomo ini, total disaksikan langsung oleh sebanyak 70.306 penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Minggu 21 Juli 2019 lalu.

ASEAN Club Championship: Sejarah, Daftar Juara dan Prestasi Klub Indonesia

Khusus untuk di benua Asia, laga Piala Indonesia leg I antara Persija versus PSM tersebut menjadi yang kedua terbanyak mengumpulkan jumlah penonton. 

Jumlah penonton di laga tersebut hanya kalah dari duel Liga Pro Teluk Persia antara Persepolis FC kontra Esteghlal FC pada 30 Maret di Stadion Azadi di Teheran, Iran dengan penonton sebanyak 80.000 orang dan berada di urutan ke-6 di dunia.

AFF dan Shopee Hadirkan Shopee Cup Asean Club Championship Turnamen Antar Klub Elit Se-Asia Tenggara

Dan laga manakah yang berhasil mendatangkan penonton terbanyak di dunia sepanjang tahun 2019? Ya, jawabannya adalah laga leg I semifinal Liga Champions Eropa antara tuan rumah Barcelona melawan Liverpool, Kamis dini hari WIB 2 Mei 2019.

Duel di Camp Nou itu ditonton sebanyak 98.299 penonton yang mengantarkan El Barca menang telak 3-0, meski akhirnya mereka juga gigit jari usai pada leg kedua justru kalah tragis 0-4 di Anfield.

Sementara itu, partai leg kedua semifinal El Clasico yang mempertemukan Real Madrid versus Barcelona pada Kamis dini hari WIB 28 Februari 2019 di Santiago Bernabeu hanya menempati urutan kelima dengan total jumlah penonton 80.472 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya