10 Rekor Premier League yang Bisa Liverpool Pecahkan Musim Ini

Liverpool berpeluang memecahkan 10 rekor jika berhasil juarai EPL musim ini
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Laju Liverpool dalam membidik tahta gelar juara Premier League musim 2019/2020 masih berjalan mulus. Dengan sudah menuntaskan 20 laga, sejauh ini armada The Reds belum terkalahkan sekalipun dan hanya punya hasil sekali imbang yang sisanya berakhir dengan kemenangan.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Telah mengemas 58 poin, skuat besutan Juergen Klopp nyaman di puncak klasemen yang meninggalkan 13 poin dari pesaing terdekatnya, Leicester City. Jika tak ada halangan berarti dan performanya tetap stabil, maka gelar EPL musim ini bukan mustahil The Reds segel.

Kondisi ini pula yang mulai mencuatkan sejumlah asumsi dan prediksi bahwa The Anfield Gank bisa merengkuh titel Liga Inggris pertama mereka di era Premier League dengan mematahkan 10 rekor yang sebelumnya pernah dicetak para juara EPL lainnya.

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Seperti dilansir The Sun, berikut 10 rekor Premier League yang bisa dipatahkan Liverpool jika berhasil juara musim ini:

1. Awal terbaik setelah 21 pertandingan

Prediksi Semifinal Piala FA: Manchester City vs Chelsea

Dengan 19 kemenangan dan sekali hasil imbang sejauh ini, Liverpool telah mengumpulkan 58 poin. Satu kemenangan lagi, saat mereka bertandang ke Tottenham pada Sabtu akhir pekan ini akan membuat mereka menyalip rekor Manchester City dari 2017/18 dengan 59 poin.

2. Kemenangan kandang terbanyak berturut-turut

Manchester City berhasil 20 kemenangan di Etihad antara tahun 2011 dan 2012. Liverpool saat ini memiliki 18 kemenangan di Anfield, bila mereka bisa menambah kemenangan kandang saat menjamu Manchester United, Southampton dan West Ham, maka rekor kemenangan kandang terbanyak berturut-turut akan jadi milik The Reds.

3. Kemenangan terbanyak

Liverpool memenangkan 17 pertandingan secara bergantian antara Maret dan Oktober 2019 sebelum hasil imbang di Old Trafford. Kini, The Reds harus memenangkan setiap laga hingga duel kontra Watford pada 29 Februari 2020 mendatang untuk mengklaim rekor ini dan melampaui rekor yang sebelumnya dipegang ManCity pada Agustus-Desember 2017 dengan 18 kemenangan.

4. Kekalahan paling sedikit dalam satu musim

Hanya tim Arsenal 2003/04 yang telah menyelesaikan seluruh musim Liga Premier tanpa merasakan kekalahan, yang membuat mereka mendapat julukan Invincibles.

Musim lalu, Liverpool hanya mengalami sekali kekalahan yang pastinya membuat mereka berambisi menuntaskan musim ini dengan lebih baik untuk tak pernah kalah sekalipun.

5. Jangka tak terkalahkan terpanjang

Capaian Arsenal yang terkenal di bawah asuhan Arsene Wenger kala itu adalah berhasil mencatat 49 pertandingan tak terkalahkan, termasuk pada musim 2003/04 itu.

Sementara Juergen Klopp saat ini berada di angka 37 laga tak terkalahkan, atau masih terpaut 12 laga lagi untuk menyamai torehan tersebut. Namun jika bisa mulus menjaga performa impresif untuk selalu menang termasuk saat bertandang ke markas Tottenham Hotspur dan menjamu Manchester United pada dua laga beruntun saat ini, maka rekor itu pun pasti bisa diamankan The Reds.

6. Waktu terlama tak terkalahkan

Tidak mengherankan, tim yang terus berlari tak terkalahkan terpanjang juga akan mengemas rekor waktu paling lama tanpa kekalahan, seperti yang Arsenal torehkan dengan 537 hari.

Kemenangan atas Sheffield United pada 2 Januari memastikan Liverpool menjalani setahun penuh tanpa kekalahan liga. Sampai akhir musim tak terkalahkan dan mereka akan menyalip rekor Arsenal menjelang akhir Juni, selama musim ini.

7. Kemenangan terbanyak dalam satu musim

Satu lagi rekor Premier League isa diincar Liverpool. Rekor yag sebelumnya dipegang Manchester City dengan Pep Guardiola. Dalam dua tahun terakhir The Citizens telah memenangkan 32 dari 38 laga mereka dalam perjalanan menuju raihan gelar.

Liverpool perlu memenangkan 14 dari 18 pertandingan tersisa untuk memecahkan rekor itu.

8. Memenangkan seluruh laga kandang dalam satu musim

Belum pernah ada tim yang memenangkan setiap pertandingan di kandang dalam satu musim - Chelsea pada 2005/06, Manchester United pada 2010/11 dan Manchester City pada 2011/12 dan 2018/19 telah mengelola 18 pertandingan.

Liverpool sejauh ini telah memenangkan 11 laga kandang, dan untuk merebut rekor ini mereka harus menyapu bersih sisa 8 lainnya melawan MU, Southampton, West Ham, Bournemouth, Crystal Palace, Aston Villa, Burnley dan Chelsea dengan kemenangan.

9. Kemenangan tandang terbanyak dalam satu musim

Sampai saat ini tim yang dapat memenangkan laga tandang terbanyak dalam satu musim itu ya hanya ManCity lagi. Mereka menang dalam 16 dari 19 laga tandang mereka di musim 2017/18.

The Reds memetik 8 kemenangan dari 9 laga tandang mereka sejauh ini, maka jika mereka bisa memenangkan 9 dari 10 lawatannya yang tersisa musim ini maka mereka akan mengklaim rekor itu juga.

10. Poin terbanyak dalam satu musim

Liverpool memiliki total poin tertinggi ketiga dalam satu musim Premier League, mencapai 97 poin musim lalu. Sayangnya bagi mereka, City mendapat 98 poin untuk meraih gelar.

Jika armada Anfield mampu memenangkan semua pertandingan yang tersisa, maka mereka akan memecahkan rekor poin tertinggi saat ini dengan 112 angka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya