Mengejutkan, 4 Juara Bertahan Hengkang dari Malaysia Masters

Ratchanok Intanon.
Sumber :
  • BWF

VIVA – BWF World Tour Super 500, Malaysia Masters 2020 sudah kian mendekati ke puncak turnamen, hari ini Jumat 10 Januari 2020 para pebulutangkis dunia akan bertarung memperebutkan tiket menuju semifinal.

Christian Adinata Cedera Lutut Parah dari Malaysia Masters 2023, Dapat Penanganan Serius

Namun, sebelum membahas siapa-siapa yang bakal lolos ke semifinal, ada sebuah fakta menarik yang patut dibahas. Yakni tentang telah raibnya mahkota juara turnamen BWF berhadiah total 400.000 Dolar Amerika Serikat ini.

Hingga perempatfinal ini sudah 4 mahkota juara bertahan yang melayang karena ditinggal para pemilik terdahulunya yang harus hengkang lebih dahulu dari Axiata Arena.

Penyesalan Gregoria Mariska Tunjung Usai Gagal Juara di Malaysia Masters 2023

Mahkota juara bertahan yang pertama raib ialah mahkota juara bertahan ganda campuran. Mahkota juara sektor ini tak bisa dipertahankan sang juara Malaysia Masters 2019, Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Ganda asal Jepang ini gagal mempertahankan gelarnya karena absen di Malaysia Masters 2020.

Selanjutnya tahta juara yang hilang ialah milik Son Wan Ho. Tunggal putra Korea Selatan ini tak bisa mempertahankan tahta itu karena mengalami kekalahan di laga perdana. Dia dikalahkan sang raja bulutangkis China, Chen Long.

Daftar Juara Malaysia Masters 2023

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota

Lalu giliran ranking 2 dunia Yuki Fukushima/Sayaka Hirota yang terpaksa merelakan mahkota juara bertahannya raib setelah di babak 16 besar secara tak terduga dikalahkan peringkat 10 dunia. Li Wen Wei/Zheng Yu.

Dan yang terakhir giliran mahkota juara milik ratu bulutangkis Thailand, Ratchanok Intanon yang melayang. Dan ini merupakan peristiwa paling tragis, sebab Ratchanok sudah dua tahun beruntun lho menguasai gelar juara Malaysia Masters yakni mulai 2018 dan 2019.

Sayangnya, dia gagal mencetak sejarah dengan menjuarai turnamen ini 3 kali beruntun karena di babak kedua direnggut gadis muda China, Wang Zhi Yi. Dan ini merupakan peristiwa paling tragis, sebab Wang bukanlah pemain unggulan dia ikut di Malaysia Masters 2020 dengan modal ranking 21 dunia doang.

Kini satu-satunya mahkota juara bertahan yang masih terjaga dan berada genggaman pemiliknya ya cuma di sektor ganda putra. Mahkota juara sektor ini masih berada di tangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Sebab hingga detik ini mereka belum terkalahkan.

Hanya saja, tidak menutup kemungkinan pula Kevin/Marcus akan bernasib sama dengan 4 juara bertahan lainnya, sebab di perempatfinal ini mereka akan mendapatkan lawan yang cukup berbahaya. Yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Baca: Waduh, Fajar/Rian Bentrok Vs Kevin/Marcus di Malaysia Masters

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya