Ratu Bulutangkis Terkaya Sejagat Menggelegar di Senayan

Tunggal Putri India, Pusarla Sindhu
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Ratu bulutangkis terkaya sejagat, Pusarla V Sindhu akhirnya membuat BWF World Tour Super 500, Indonesia Masters 2020 menggelegar setelah berhasil mengalahkan penantangnya dari Jepang, Aya Ohori.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Dalam duel yang dilangsungkan di Istora Senayan, Jakarta, Rabu petang 15 Januari 2020, Sindhu sempat dibuat kewalahan oleh Aya hingga duel harus dituntaskan melalui rubbergame.

Duel berlangsung sengit sejak game pertama dimulai, meski cuma bermodal ranking 20 dunia, tapi si cantik Aya Ohori memberikan perlawanan yang berarti bagi sang Juara Dunia 2019 itu.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Memang Sindhu sempat mendominasi perolehan poin. Namun, sebuah kejutan tercipta, ketika itu Sindhu sedang unggul pada kedudukan 6-9 dari Aya. Tiba-tiba saja Aya berhasil meraup 5 poin beruntun dan langsung berbalik unggul dengan keunggulan sementara 11-9.

Tunggal Putri India, Pusarla Sindhu

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Usai jeda pebulutangkis terkaya sejagat itu berusaha mengejar ketertinggalan, memang upaya Sindhu membuahkan hasil, dia bisa menyamakan angka 11-11. Hanya saja setelah itu Sindhu seolah kehilang gairah, dan di sisi berbeda Aya mulai mengganas hingga akhirnya Sindhu tak mampu lagi membendung Aya untuk merebut kemenangan game pertama dengan angka 21-14.

Pada game kedua di awal Sindhu tampil sangat baik, dia langsung unggul 0-3 dari Aya. Hanya saja keunggulan tak berlangsung lama Aya membalasnya dengan 4 poin beruntun untuk berbalik unggul 4-3.

Sindhu berhasil bengkit dan kembali unggul usai mendapatkan 3 poin beruntun, Aya pun tertinggal 4-6. Tapi lagi-lagi Sindhu gagal mempertahankan keunggulan setelah poin kembali sama kuat 7-7. Namun saat jeda, Sindhu kembali menguasai papan skor dan unggul 8-11.

Selepas jeda giliran Aya yang dibuat kewalahan dengan serangan demi serangan yang dibangun pebulutangkis jangkung itu, dan akhirnya Aya menyerah dengan angka 15-21.

Tunggal Putri India, Pusarla Sindhu

Duel pun harus dituntaskan melalui game tambahan. Di game penentu, Sindhu mulai memperlihatkan gelegarnya, usai tertinggi 1-0 di awal game, dia mulai garang. Aya benar-benar dibuat tak berkutik dengan serangan-serangan mematikannya. Sama sekali Aya tak mampu lagi membendung Sihdu dan akhirnya angka tangan di menit 59 dengan skor akhir 11-21.

Perlu diketahui, memang setelah merebut medali emas di BWF World Championships 2019, Sindhu tak pernah lagi merebut gelar juara turnamen apapun. Terakhir kali di hanya bisa menjadi runnerup di Indonesia Open 2019. Sedangan di Indonesia Masters 2019 karier Sindhu terhenti di perempatfinal akibat dikalahkan pemegang 3 gelar Juara Dunia, Carolina Marin.

Dengan kemenangan ini maka penguasa ranking 6 dunia ini melaju ke babak 16 besar untuk menghadapi Sayaka Takahashi. Tunggal putri Jepang ini baru saja menghancurkan sang juara bertahan Indonesia Masters 2019, Saina Nehwal.

Tak hanya lolos ke babak kedua, Sindhu juga menyelamatkan wajah bulutangkis tunggal putri India dari kehancuran di turnamen ini pasca kekalahan Saina Nehwal.

Baca: Mengejutkan, Juara Bertahan Indonesia Masters Tersungkur di Senayan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya