Hajar Raja Olimpiade, Fajar/Rian Lolos Perempatfinal Indonesia Masters

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sungguh luar biasa, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lolos ke perempatfinal BWF World Tour Super 500, Indonesia Masters 2020.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Penguasa ranking 5 dunia itu lolos setelah di babak 16 besar menghancurkan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Zhang Nan dan tandem barunya Ou Xuan Yi.

Dalam pertarungan yang baru dilangsungkan di Istora Senayan, Jakarta, Kamis 16 Januari 2020, Fajar/Rian tampil sangat ganas. Setelah sempat tertinggal 3 poin di awal game pertama, juara Korea Open 2019 itu mereka langsung memegang kendali pertandingan.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Ou/Zhang benar-benar dibuat kewalahan dengan serangan-serangan cepat yang dilancarkan Fajar/Rian dan akhirnya dengan mudah Fajar/Rian merebut kemenangan telak 21-10.

Di game kedua, Ou/Zhang mengubah strategi laga, mereka meningkat serangan. Dampaknya Fajar/Rian kini yang dibuat kewalahan, hingga jeda ganda China itu berhasil unggul tipis 8-11.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Selepas jeda Fajar/Rian tak juga bisa menyamakan angka, malah ganda ranking 22 dunia itu yang menambah pundi poinnya jadi 8-12. Malahan hingga menit 26 ganda putra RI itu kian terpuruk dan tertinggal jauh 11-16.

Akhirnya di hadapan pendukung sendiri Fajar/Rian dipaksa menyerah di menit 28 dengan skor akhir game kedua 12 -21. Dan laga pun harus dituntaskan melalui game tambahan.

Kekalahan di game kedua cukup membakar semangat Fajar/Rian, mereka mampu membuka game ketiga dengan 2 poin beruntun. Hanya saja, keunggulan itu  tak bertahan lama Ou/Zhang membalasnya dengan 3 poin yang juga beruntun hingga mengubah skor jadi 2-3.

Tapi mendekati jeda, Ou/Zhang mulai kehilangan fokus, akibatnya Fajar/Rian mampu berbalik unggul 7-4.  Hal yang sama juga terjadi Fajar/Rian dan Ou/Zhang memberondong mereka dengan 4 poin beruntun untuk berbalik unggul 7-8. Bahkan hingga jeda mereka masih unggul pada kedudukan 9-11.

Setelah jeda Fajar/Rian akhirnya mampu bangkit lagi, dengan cepat mereka menyamakan poin 11-11. Sayangnya, Fajar/Rian tak mampu berbalik unggul karena Ou/Zhang berhasil mematahkan gempuran mereka, malah di menit 48 kembali kuasai perolehan poin 12-14.

Dalam kondisi itu Fajar/Rian berusaha meredam dominasi ganda China itu, hasilnya sangat mujarab, 3 poin diraih  dan berhasil unggul 15-14.

Laga kian tegang ketika Ou/Zhang bisa menyamakan skor 15-15. Dan memasuki waktu krusial pertarungan semakin memanas apalagi setelah beberapa kali Ou/Zhang berhasil menyamakan kedudukan mulai dari 16-16 , 17-17 dan 18-18.

Di detik akhir Fajar/Rian bisa menguasai laga dan akhirnya menuntaskan perlawanan Ou/Zhang dengan angka tipis 21-19.

Dengan kemenangan ini mereka akan berhadapan dengan Kim Astrup/Anders Skaarup Rassmusen. Ganda putra Denmark ini baru saja menghancurkan kejayaan Lee Yong Dae dan Kim Gi Jung.

Baca: Carolina Marin Bantai Penguasa Ranking 4 Dunia di Senayan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya