Virus Corona Mengganas, Nasib Kejuaraan Bulutangkis Asia Tak Jelas

Badminton Asia Championships 2019, Wuhan, China.
Sumber :
  • Badminton Asia

VIVA – Hingga detik ini, Rabu 29 Januari 2020, belum ada keputusan dari penyelenggara Kejuaraan Bulutangkis Asia alias Badminton Asia Championships 2020 terkait nasib ajang ini.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Asosiasi Badminton Asia dan Asosiasi Bulutangkis China belum mengeluarkan keputusan apapun terkait nasib Badminton Asia Championships.

Sampai saat ini, di situs resminya kedua asosiasi masih menyatakan Badminton Asia Championships 2020 diselenggarakan di Kota Wuhan, China dengan waktu penyelenggaraan 21 hingga 26 April 2020.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Keputusan kedua asosiasi ini sangat dinanti-nanti, sebab situasi Kota Wuhan saat ini masih belum aman untuk penyelenggaraan Badminton Asia Championships 2020.

Jangankan untuk menggelar ajang sebesar itu, untuk masuk ke Kota Wuhan saja sudah tidak bisa. Sebab, pemerintah China sudah menutup semua akses menuju kota itu terkait mewabahnya virus mematikan Corona.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Federasi Bulutangkis Dunia alias BWF dalam siaran resmi terbarunya menyatakan, pihaknya sedang memonitor perkembangan terkini kasus virus corona di China.

Sebab, menurut BWF, tak cuma Badminton Asia Championships 2020 yang terganggu akibat wabah itu, tapi juga sejumlah turnamen tahunan BWF. Salah satunya seperti China Masters 2020.

"BWF sedang bekerja sama edngan Badminton Asia dan Asosiasi Bulutangkis China untuk memastikan nasib dari semua ajang itu," tulis BWF.

Meski begitu, menurut BWF untuk Badminton Asia Championships 2020, memang sangat terlalu dini jika nasibnya ditentukan saat ini. Apakah ajang ini dibatalkan atau dipindah ke negara lain. Sebab, Badminton Asia Championships 2020 masih cukup lama dilangsungkan.

Perlu diketahui, Kota Wuhan sudah 5 kali beruntun menjadi tuan rumah BAC. Mulai dari tahun BAC 2015 hingga BAC 2019. Ajang ini begitu penting artinya bagi para pebulutangkis Asia, sebab akan menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan tiket lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

Sementara itu, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia alias PBSI sudah mulai berhitung terkain pelaksanaan Badminton Asia Championships 2020.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti telah mengeluarkan peryataan bahwa PBSI bisa saja batal memberangkatkan pemain ke Badminton Asia Championships 2020 jika Asosiasi Badminton China tetap memaksa ajang itu diselenggarakan di Kota Wuhan.

"Sepertinya ke Wuhan juga akan dibatalkan, belum ada keputusan, tapi kemungkinan besar akan batal berangkat. Namun rasanya akan dipindahkan turnamennya ke negara lain, karena sangat berisiko sekali, apalagi tempatnya tepat di Wuhan," ujar Susy seperti dilansir di situs resmi PBSI.

Baca: Terlengkap, Ini Hasil Undian Badminton Asia Team Championships 2020

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya