Cari Bibit Unggul, PB PRSI Gelar Liga Polo Air 2020

Jumpa pers jelang Liga Polo Air 2020.
Sumber :
  • VIVAnews/Yudhi Maulana

VIVA – Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) tidak lelah mencari bibit unggul di Indonesia. PB PRSI pun bakal mendukung penuh Liga Polo Air 2020 yang dihelat di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Ajang yang dihelat mulai 3 Maret 2020 ini masih menyasar di DKI Jakarta. Oleh karena itu, hanya klub renang yang ada di Jakarta yang memiliki pemain berusia 16 tahun ke bawah yang bisa ikut serta. 

Sejauh ini, sudah ada 9 klub renang Jakarta yang ikut terlibat. Mereka adalah Tirta Kencana 78, Kusuma Harapan, JAQ, Milenium, Pari Sakti, Bina Taruna, Kuda Laut, ISA dan Tirta Taruna. 

Gelar Rakernas, PB Akuatik Indonesia Susun Rencana Mulai PON 2024 Menuju Prestasi Dunia

Ketua penyelenggara Liga Polo Air 2020, Wisnu Wardhana, menyebut, ajang ini merupakan salah satu persiapan tim polo air Indonesia menuju SEA Games 2021.Bahkan, kompetisi ini juga dijalankan sebagai target tim polo air menuju Olimpiade 2032 mendatang. 

"Kami sudah lama berdiskusi untuk menggelar liga polo air pertama di Indonesia. Kami tak ingin berlarut-larut, apalagi kami baru mendapatkan momentum dengan meraih medali emas di SEA Games 2019 Filipina,” kata Wisnu kepada wartawan ketika ditemui di Stadion Aquatic, Jakarta. 

Test Event PTC Indonesia Polo League Rampung Digelar

Lebih lanjut, mengenai teknis kompetisinya, akan ada sembilan klub yang dibagi menjadi dua grup dengan sistem round robin. Uniknya bukan hanya dua klub terbaik masing-masing grup yang akan melaju ke semifinal. Sebab, peringkat ketiga dan keempat juga memiliki laga semifinal sendiri. 

“Total sistem dalam satu pekan, kami akan mainkan setiap hari Selasa dari pukul 7-9. Per pekan, bakal ada dua gim. Total untuk pertandingan ada sekitar 10 atau 11 pekan. Grand final akan ada di hari Sabtu. Karena jadwal bertabrakan dengan lebaran, maka final digelar setelah lebaran,”  ujar Delegasi Teknis Liga Polo Air, Dean Baldwin. 

Sementara, Wakil Ketua Umum PRSI, Harlin Rahardjo menyambut positif ajang tersebut. Dia berharap, ajang ini tidak hanya diikuti oleh klub di Jakarta saja, tapi juga di provinsi lain. 

"Jika provinsi-provinsi besar sudah bisa menggelar liga, kedepannya PRSI akan buat Super League, turnamen yang mempertemukan tim-tim terbaik antar provinsi,” kata Harlin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya