Begini Tampang Khabib Nurmagomedov Masih Kurus dan Belum Bewokan

Juara kelas ringan Ultimate Fighting Championship (UFC), Khabib Nurmagomedov
Sumber :
  • Bleacher Report

VIVA – Jauh sebelum namanya tersohor sebagai megabintang Ultimate Fighting Championship (UFC), Khabib Nurmagomedov hanya seorang pemuda biasa yang sederhana. Akan tetapi, mental juara yang dimilikinya sudah terlihat lebih dari 10 tahun silam.

Selamatkan Orangtua dari Kebakaran, Mantan Petarung UFC Mark Coleman Kritis di RS

Menurut catatan Sherdog.com, Nurmagomedov melakoni debutnya di UFC 11 tahun silam. Pada duel pertamanya, fighter kelahiran Dagestan 20 September 1988 ini berhadapan dengan petarung asal Azerbaijan, Busal Bayramov, 14 September 2008.

Dalam pertarungan itu, Nurmagomedov menancapkan namanya sebagai salah satu jagoan ground fighting usai menang lewat submission. 

Pengakuan Legenda MMA Royce Gracie Setelah Memeluk Agama Islam

Setelah pertarungan pertamanya, Nurmagomedov terus menumbangkan lawannya satu per satu, hingga pada April 2018, ia berhasil menyabet sabuk juara kelas ringan UFC.

Gelar juara direbut Nurmagomedov usai mengalahkan petarung asal Amerika Serikat, Alexander "Al" Iaquinta. Namanya semakin berkibar, setelah mempertahankan gelar juaranya setelah mengalahkan megabintang UFC asal Republik Irlandia, Conor McGregor enam bulan kemudian.

Usai Jeka Saragih Guncang UFC, Eperaim Ginting Hadapi Petarung Irlandia di Cage Warriors

Di sisi lain, Nurmagomedov juga punya prestasi sebagai juara dunia sambo. Pada 2009, Nurmagomedov yang punya dasar ilmu beladiri sambo, menjadi yang terbaik di Kejuaraan Dunia Sambo, kelas 79 kg. Setahun kemudian, ia kembali meraih gelar juara dunia di kelas 82 kg.

Tak seperti petarung UFC lainnya yang punya tampang sangar, Nurmagomedov dikenal kalem dan pembawaannya yang tenang. Ia juga dikenal sebagai seorang Muslim yang taat.

Siapa sangka, saat masih belum terkenal Nurmagomedov jauh lebih kurus dibandingkan saat ini. Dalam foto yang diunggah di Instagram pribadinya, Nurmagomedov mengenang masa-masa awal karinya sebagai petarung profesional sekitar 12 tahun lalu.

"Saat saya muda, hampir 12 tahun lalu," tulis Nurmagomedov di Instagram.

Selanjutnya, Nurmagomedov akan kembali beraksi di atas oktagon dalam dua bulan mendatang. Ya, ia akan menghadapi tantangan Tony Ferguson yang ingin merebut gelar juaranya. Duel Nurmagomedov melawan Ferguson dalam perebutan gelar juara kelas ringan UFC akan digelar di Barclays Center, New York, AS, 18 April 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya