Ketum Pordasi Lihat Potensi Besar Liga Pacuan Kuda Tertua di Indonesia

Menpora Zainudin Amali hadiri ajang Equestrian Champions League (ECL).
Sumber :
  • Equastrian Champions League (ECL)

VIVA – Ketua Umum PP Pordasi, Triwatty Marciano, baru-baru ini mengunjungi langsung liga pacuan kuda tradisional yang dihelat di Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang Payakumbuh, Sumatera Barat. Dia melihat potensi besar dari olahraga ini untuk dikembangluaskan.

3 Olahraga yang Disunnahkan Rasulullah Berikut Manfaatnya untuk Tubuh

Pacuan menjadi salah satu dari empat komisi berkuda selain Equestrian, Polo, dan Berkuda Memanah. Dan yang terpopuler di masyarakat Sumatera Barat adalah pacuan sehingga Triwatty tergerak untuk menyaksikan langsung ke pertandingan tersebut. Liga tradisional itu juga menarik perhatian Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Pordasi Sumatera Barat yang juga Wali Kota Bukit Tinggi, Ramlan Nurmatias memberikan apresiasi atas kunjungan tersebut. Dia pun menceritakan pentingnya Pacuan Kuda dan euforia masyarakat saat menontonnya.

Atlet Muda Berkuda Asal Sumut Boyong 3 Gelar di Jumping Master 2024

Ketum Pordasi mengunjungi liga pacuan kuda di wilayah Sumatera Barat

“Olahraga ini (pacuan) bukan milik kelompok, olahraga ini milik kita bersama. Di sini, tua-muda, pria-wanita sangat suka nonton pacuan," kata Ramlan dalam rilis yang diterima VIVA.

Banyak Kejanggalan, Gerakan Save Pordasi Tolak Putusan Rakor Perpanjang Masa Jabatan Triwatty

“Kalender pariwisata Pacuan Kuda ini tiap bulan selalu ada. Bulan ini di Payakumbuh, Maret di Bukittinggi, April di Padang," lanjut Ramlan.

Dituturkan Ramlan, olahraga ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan dia yakin Triwatty sebagai Ketum Pordasi yang baru bisa memberikan treatment agar olahraga ini semakin dikenal. Dan demi mewujudkannya, dia berharap Pordasi memfasilitasinya dengan menghadirkan pelatih dan tenaga pendukung lainnya dari luar negeri.

“Saya yakin dan percaya dengan Ibu Ketua Pordasi yang baru terbuka dalam organisasi dan ingin mengembangkan organisasi ke depan," tutur Ramlan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya