Tyson Fury: Lahir Prematur dan Tuah Sebuah Nama

Petinju juara kelas berat, Tyson Fury.
Sumber :
  • Evening Standard

VIVA – Tyson Fury berhasil merebut gelar juara tinju kelas berat WBC. Dia sukses menaklukkan Deontay Wilder dalam pertarungan di MGM Grand, Las Vegas, Minggu 23 Februari 2020. Fury tampil agresif dalam pertarungan ini. Sedangkan Wilder lebih banyak bertahan dan menemukan momen yang tepat untuk menyerang.

Butuh 17 Pukulan Mematikan, Mike Tyson Ungkap Petinju Ini Jadi Lawan Terberat

Wilder akhirnya kewalahan saat pertarungan memasuki ronde ketujuh. Saat ronde ini berlangsung 1 menit 39 detik, Tyson Fury dinyatakan sebagai pemenang secara technical knockout (TKO). Wilder tak bisa meneruskan pertarungan dan melempar handuk tanda menyerah.

"Puji Tuhan. Saya ingin memberikan kredit untuk Deontay Wilder. Saya memukul dia di sisi kanan dan dia bertahan. Dia pejuang dan bakal kembali. Dia bakal juara lagi," kata Tyson Fury usai laga dilansir The Telegraph.

Geger Mike Tyson Pakai Jersey Juventus

Baca: Menjijikkan, Tyson Fury Jilat Darah Wilder dalam Duel Brutal

Dengan kemenangannya ini, Tyson Fury pun menjaga rekor tak terkalahkan miliknya. Petinju berusia 31 tahun tersebut mencatatkan 31 kemenangan dari 30 duel yang dia lakoni. Sementara satu duel lainnya berakhir imbang.

Tyson Fury Bantah Isu Pensiun, Umumkan 5 Duel Lawan 3 Petinju

Lahir Prematur dan Tuah Nama Tyson

Petinju bernama lengkap Tyson Luke Fury ini lahir pada 12 Agustus 1988 di wilayah Wythenshawe, Manchester, Inggris. Dia dibesarkan oleh orang tua berdarah Irlandia, John dan Amber. 

Dilansir The Guardians, Tyson Fury dilahirkan prematur tiga bulan dan hanya memiliki berat 450 pon. Ayahnya, John, menamainya Tyson seperti juara dunia kelas berat yang tak terkalahkan, Mike Tyson di era tersebut. 

Duel Tyson Fury vs Deontay Wilder

"Para dokter mengatakan kepada saya bahwa dia (Tyson Fury) tidak memiliki peluang besar untuk hidup. Saya telah kehilangan dua anak perempuan dengan cara yang sama yang dilahirkan secara prematur," kata John.

Itu sebabnya sang ayah menamainya Tyson Tyson karena dia berharap sang anak bisa menjadi seorang pejuang dan selamat dari kelahiran prematur. Dan ternyata nama tersebut memiliki tuah bagi Tyson Fury.

Setelah selamat dari lahir prematur, Tyson Fury mulai latihan tinju pada usia 10 tahun. Ayahnya menjadi pelatihnya sampai 2011, sebelum sang ayah dibui karena mencungkil mata seseorang karena perseteruan lama.

Fury sendiri dibesarkan untuk tetap menjaga diri untuk tetap bertarung di dalam ring dan tidak memiliki masalah hukum. Selanjutnya, Tyson Fury memulai karier tinju profesional pada 6 Desember 2008.

Di debutnya, Tyson Fury sukses menaklukkan petinju Hungaria, Bela Gyongyosi dengan kemenangan TKO di ronde pertama. Tyson Fury selanjutnya tidak terbendung dengan meraih berbagai kemenangan dan gelar juara.

Baca juga:

Menjijikkan, Tyson Fury Jilat Darah Wilder dalam Duel Brutal

Selebrasi 'Gila' Mike Tyson Setelah Fury Buat Wilder Babak Belur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya