Menpora: Instansi Pemerintah Harus Ikut Gaungkan PON 2020 Papua

Menpora, Zainudin Amali
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Menteri pemuda dan olahraga (Menpora), Zainudin Amali meminta seluruh instansi pemerintah ikut menggaungkan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan digelar di Papua. Pesta akbar olaraga Tanah Air itu akan dihelat di Bumi Cendrawasih pada 20 Oktober-2 November. 

Tinjau Latihan Timnas Indonesia U-19, Menpora Sampaikan Pesan Presiden

"Kita rakyat indonesia akan melaksanakan Pekan Olahraga Nasional yang ke20 di Papua. Papua sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka pelaksanaan PON di Papua juga sama dengan pelaksanaan PON di provinsi-provinsi lainnya. Mari dukung, kita dorong bersama," kata Amali kepada wartawan. 

Amali mengatakan, beberapa waktu lalu ia telah berkunjung ke Papua untuk melihat progres pembangunan infrastruktur dan melihat seberapa besar kesiapan Papua menggelar PON. Menurutnya, Persiapan sudah mencapai 85 persen, dan ia optimistis pada waktunya tiba, Papua akan siap menggelar event skala nasional itu. Khusus venue, menurut Amali segera rampung sebelum test even PON yang rencananya bakal digelar pada Juli 2020. 

Menpora Temui PSSI dan STY Bahas 2 Pemain yang Segera Dinaturalisasi

"Bahkan ada venue yang sudah selesai seperti Stadion Papua Bangkit yang nantinya akan digunakan untuk pembukaan dan penutupan PON. Kemudian beberapa venue ada yang sudah mencapai 85 persen. Ada juga yang sudah mendekati penyelesaian. Saya optimistis dan kita harus yakin Papua akan menjadi tuan rumah yang baik," ucapnya.

Lebih lanjut, Amali juga mengapresiasi Polda Metro Jaya yang mempromosikan PON 2020 dengan kampanye antinarkoba saat "Car Free Day" (CFD) Bundaran HI, Jakarta , Minggu, 23 Februari 2020. 

Demi Sukseskan DBON, Menpora Teken MoU dengan SIWO pada HPN 2022

Menpora, Zainudin Amali dan Nana Sujana

Menurutnya, Indonesia saat ini darurat narkoba dan pemuda-pemuda Indonesia harus diselamatkan. Sebab, para pemuda merupakan tumpuan masa depan Indonesia. Tak terkecuali, seluruh atlet. 

“Kemenpora sangat berterima kasih dan mengapresiasi inisiatif dari Polda Metro Jaya, pak Kapolda Irjen Pol Nana Sujana dan seluruh jajarannya. Ini acara yang baik, menggaungkan PON dan upaya positif untuk pencegahan Narkoba," tuturnya.

Sementara Nana mengatakan pihaknya akan memanfaatkan setiap kesempatan untuk mengkampanyekan anti narkoba. “Kita mendorong masyarakat berperilaku positif dan mencetak prestasi yang baik," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya