Owi Ikuti Jejak Ahsan/Hendra Hengkang dari Pelatnas

Pemain ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad.
Sumber :
  • Instagram: Tontowi Ahmad

VIVA – Fenomena hengkangnya pebulutangkis top dunia dari pelatihan nasional tak aneh lagi. Di Indonesia, kini juga terjadi hal yang sama.

Zaki Ubaidillah Optimis Tembus Pelatnas Cipayung

Awal tahun 2019, dunia bulutangkis digemparkan dengan banyaknya pemain-pemain yang hengkang dari pelatnas negara mereka masing-masing.

Dari Indonesia, tercatat ada nama sang legenda raja dunia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang keluar dari pelatnas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Buka Pelatnas Soina di Semarang, Menpora: Atlet Disabilitas Bisa Berprestasi

Ahsan menyiarkan secara resmi keputusannya itu pada 4 Januari 2019 melalui akun media sosialnya.

Kini, santer dikabarkan bahwa salah satu pemain ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad juga akan mundur dari pelatnas.

Tinjau Pelatnas Atlet ASEAN Para Games, Menpora Targetkan Pertahankan Juara Umum

Dari info yang beredar, Owi, sapaan akrab yang berpasangan dengan Apriyani Rahayu ini akan mundur per Maret 2020 ini. Meski demikian, PBSI belum memberikan keterangan resmi soal itu. 

Nama Owi memang sudah tak asing lagi bagi pecinta bulutangkis Indonesia. Karier Owi melejit ketika dipasangkan di sektor ganda campuran bersama dengan Liliyana Natsir.

Owi/Butet begitu panggilan mereka, menyabet emas Olimpiade Rio 2016. Owi/Butet juga dua kali menjadi juara dunia, 2013 dan 2017.

Torehan lainnya, Owi/Butet menembus empat kali final All England pada 2012, 2013, 2014, dan 2015. Mereka meraih tiga gelar pada ajang tertua dunia tersebut secara beruntun pada 2012-2014.

Pasca Butet gantung raket pada Januari 2019, Tontowi berpasangan dengan Winny Oktavina Kandow. Namun akhirnya diganti dengan Ani.

Terakhir berlaga, Owi/Ani tampil di Indonesia Masters 2020. Mereka sukses menembus babak 16 besar kontra Chris Adcock/Gabrielle Adcock, namun harus takluk dua game langsung di partai tersebut.

Baca: Curhat Maharatu Bulutangkis Dunia Usai Gagal Raih Gelar Pertama 2020

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya