Virus Corona COVID-19 Bisa Bikin Kalender F1 Musim 2020 Berantakan

Pembalap Ferrari, Charles Leclerc.
Sumber :
  • Twitter/@ScuderiaFerrari

VIVA – Ancaman virus corona COVID-19 terhadap kelangsungan Formula 1 musim 2020 begitu nyata. Karena ada beberapa negara yang menerapkan sistem blokir dalam urusan imigrasi, sejumlah tim bisa saja bermasalah saat ingin berkompetisi.

Gaji Fantastis Lewis Hamilton di Ferrari

Setidaknya, ada dua tim yang saat ini jadi sorotan. Mereka adalah Ferrari dan Alpha Tauri.

Berbasis di Italia, yang notabenenya salah satu negara terpapar virus corona paling serius, Ferrari dan Alpha Tauri kemungkinan besar akan mengalami masalah saat ingin berpartisipasi di F1 GP Vietnam.

Kedatangan Lewis Hamilton Bikin Saham Ferrari Meroket

Keduanya dikhawatirkan mengalami penyusutan personel tim karena Vietnam memberlakukan larangan kepada beberapa pendatang asal Italia, China, Jepang, Korea Selatan, dan negara lain yang terpapar virus corona.

Penyuplai ban F1, Pirelli, juga bermasalah. Staf-staf mereka pastinya akan sulit masuk ke Vietnam karena larangan tersebut.

Ferrari Ungkap Persoalan Utama di Musim 2023

Direktur Manajemen F1, Ross Brawn, menegaskan tak akan menggelar balapan jika ada salah satu atau lebih tim yang dilarang masuk ke negara-negara tertentu.

"Jika ada satu tim yang dilarang masuk ke sebuah negara tuan rumah, kami tak bisa gelar balapan. Bukan balapan dunia F1 namanya, dan akan jadi tak adil," kata Brawn dilansir Crash.

"Beda kasusnya, kalau ada salah satu tim memutuskan tak ikut balapan. Itu memang kemauan mereka. Tapi, kalau mereka sudah datang ke negara tersebut, dan dilarang masuk sehingga tak bisa mengaspal, situasinya jadi tak adil," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya