Promotor MMA Korsel Cari Petarung Terbaik di Indonesia

Promotor MMA Korsel Cari Petarung Terbaik di Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Seni bela diri campuran atau mixed martial arts (MMA) semakin mendapat tempat di kalangan pegiat olahraga tarung bebas di Tanah Air. Kali ini, promotor bela diri campuran asal Korea Selatan, Road Fighting Championship atau Road FC, ingin mengambil hati masyarakat dengan mengumumkan audisi petarung MMA di Indonesia.

Pengakuan Legenda MMA Royce Gracie Setelah Memeluk Agama Islam

Audisi ini pun mendapat dukungan sponsor dari perusahaan investasi Blue Moon Fund, yang merupakan pendana utama di belakang Road FC. "Kami memiliki keyakinan bahwa konsep pencarian bakat yang dilakukan Road FC dapat diterima oleh masyarakat Indonesia,” ujar CEO Blue Moon Fund, Kim Jin Su dalam keterangan tertulis, Minggu 8 Maret 2020.

Baca: Sebelum Tendang-tendang Sabuk, Fisik Khabib Diejek Ferguson

Lantang Dukung israel, Legenda MMA Royce Gracie Jadi Masuk Islam

Kim juga menjelaskan alasan Indonesia menjadi destinasi pertama dari ajang pencarian bakat Road FC di kawasan Asia Tenggara. "Kami menyadari olahraga tarung bebas masih belum bisa sebesar pengaruh sepakbola atau bulutangkis. Namun, hal itu bukan masalah," jelasnya.

Berdasarkan data pemirsa tayangan televisi di Korsel pada 2014, menempatkan Road FC dengan rating 1,1 dan sharing 7,2. Nilai itu, melebihi tayangan Premier League dengan rating 0,5 dan sharing 1,7. Bahkan, melebihi pemirsa K-League dengan rating 0,4.

Velodrome Rawamangun Membara! One Pride MMA 77 Tampilkan Duel Raja dan Mantan Juara Nasional

"Jangan lupa, Korea bersama Jepang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 yang membuktikan bahwa sepakbola punya pengaruh yang kuat," tegas Kim.

Pada kesempatan yang sama, COO Road FC Indonesia, Johnny Makmur, mengaku kehadirannya akan membuka jalan bagi petarung Indonesia untuk bergabung dengan jaringan MMA global dan kejuaraan bertaraf internasional.

"Pertama kali kami gelar audisi di Jakarta, jumlah pesertanya sudah 120 petarung. Ini merupakan langkah awal yang bagus dan bukti kami (Road FC) diterima di sini," ungkap Johnny.

Sebagai informasi, Road FC hadir pertama kali pada 23 Oktober 2010 di Seoul Fashion Center, Korsel. Saat ini, Road FC telah ditonton lebih dari 270 juta pemirsa di seluruh dunia melalui 5 platform media, YouTube (194.987.120 viewers), Daum Tvpot (39.470.000 penonton), Naver Tvcast MBC (25.000.000 penonton), Facebook Channel (280.333), dan Afreeca TV (19.730.000).

Baca: Penyebab Khabib Nurmagomedov Tendang Sabuk Milik Tony Ferguson

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya