ISA dan Bina Taruna Raih Kemenangan di Pekan Kedua Liga Polo Air 2020

Desmond Clay Sutanto (Millenium) berusaha memasukan bola ke gawang Erwin Rosta
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA – Dua laga tersaji di pekan kedua Liga Polo Air 2020 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa 10 Maret 2020. Indonesia Aquatic Star (ISA) melawan Millenium dan Bina Taruna berhadapan dengan Kuda Laut.

Tekad 2 Atlet Alumnus PON XX Papua Tembus Pelatnas Polo Air

Bina Taruna berhasil menang telak atas Tim Kuda Laut dengan skor 24-2 di Grup A. Muhammad Dhafin Putra mampu menjadi top scorer dengan sumbangan sembilan gol. 

Dengan kemenangan ini, Bina Taruna memimpin klasemen dengan nilai empat dari dua pertandingan. Ini kemenangan kedua Bina Taruna usai di pekan pertama berhasil mengalahkan Tirta Kencana 13-6. 

Pantau Seleknas Polo Air, Ketum PRSI Puas Persiapan Menuju Asian Games

Kemudian ISA berhasil meraih kemenangan setelah menjalani laga ketat kontra Millenium Aquatic. Kedua tim silih berganti memimpin skor. Laga menggunakan sistem 4x8 menit. Di kuarter pertama, dua gol Ichsan Alfiansyah membawa ISA memimpin 2-0. Namun di akhir babak pertama skor imbang 3-3. 

Di kuarter kedua, giliran Millenium yang memimpin 9-7, berkat sumbangan 5 gol Desmond Clay Sutanto. Pada kuarter ketiga, Millenium sebenarnya masih memimpin 13 lawan 12. 

Timnas Polo Air Indonesia Bakal Bertolak ke Serbia

Namun di kuarter keempat, para pemain ISA tampil lebih cerdik dan berhasil memenangkan laga dengan skor 19 lawan 14. Ichsan tampil memukau dengan mencetak 11 gol ISA. Di klasemen Grup B, ISA memimpin dengan dua poin dari satu pertandingan. 

"Alhamdulillah kami bisa meraih kemenangan meskipun tadi di awal sempat tertinggal. Tadi pemain agak emosi tidak mengandalkan team work. Untungnya di babak ketiga dan keempat tim bisa kompak," kata pelatih ISA, Fery Lubis.

Pelatih Millenium, Bayu Maulana tidak menyesalkan kekalahan timnya. Sebab, ini kesempatam pertama para pemainnya tampil di ajang resmi.

"Kalau bisa dibilang pada laga ini kami tidak ekspektasi tinggi karena persiapan juga lebih sedikit dari tim-tim lain. Selain itu, kami juga pemainnya paling muda. Mereka bisa menjalankan instruksi saya, mereka bisa menjalankan strategi itu sudah cukup. Ini juga pertandingan pertama mereka, tapi mereka bisa memberikan perlawanan," ujar Bayu. 

Sekjen PB PRSI Ali Patiwiri.

Sekjen PB PRSI Ali Patiwiri cukup puas dengan bergulirnya Liga Polo Air 2020 ini. Ia berharap dengan digelarnya kompetisi ini atlet-atlet polo air Indonesia semakin berkualitas. 

Apalagi, di Liga Polo Air 2020 notabene para pemain U-16. Diharapkan, dari Liga Polo Air ini akan bermunculan atlet-atlet terbaik saat Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang. 

"Ini menjadi awal baik untuk pembinaan atlet usia dini. Dengan adanya rencana kita menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, dan mempertandingkan U-16 tentunya 12 tahun kemudian pemain-pemain ini menjadi calon-calon ke Timnas Polo Air. Selain itu, tugas kami depan adalah bagaimana untuk mempertahankan medali emas di SEA Games 2019," kata  Ali. 

Sementara itu, ketua panitia pelaksana (panpel) Liga Polo Air 2020, Wisnu Wardhana terkejut dengan antusiasme penonton yang hadir dalam kompetisi yang diselenggarakan Optimus itu.

"Di luar dugaan, penonton cukup banyak sehingga menambah hidup pertandingan. Semoga euforia ini terus meningkat untuk menggelorakan polo air di Indonesia," ucap Wisnu.

Liga Polo Air 2020 yang digagas Optimus, diikuti 9 klub digelar hanya untuk pemain polo air yang berusia di bawah 16 tahun. Sembilan klub yang mengikuti ajang ini adalah Grup-A terdiri dari JAQ, Bina Taruna, Tirta Kencana, Kuda Laut, Tirta Taruna. Di grup B ada Pari Sakti, Indonesia Star Aquatic, Millenium Aquatic, Kusuma Harapan. 


Berikut Jadwal dan Hasil Lengkap Liga Polo Air 2020
Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno Jakarta
Hasil : 
Selasa, 3 Maret 2020
Tirta Kencana vs Bina Taruna 6-13
JAQ vs Kuda Laut 23-5 

Selasa, 10 Maret 2020
Indonesia Aquatic Star vs Millenium Aquatic 19-14 
Bina Taruna vs Kuda Laut 24-2 

Jadwal : 
Selasa, 17 Maret
Tirta Kencana vs Tirta Taruna
Bina Taruna vs JAQ

Selasa, 24 Maret 2020
Pari Sakti vs Kusuma Harapan
Kuda Laut vs Tirta Taruna

Selasa, 31 Maret 2020
Tirta Taruna vs JAQ
Kusuma Harapan vs Indonesia Aquatic Star


Selasa, 7 April 2020
Millenium Aquatic vs Pari Sakti
Kuda Laut vs Tirta Kencana

Selasa, 14 April 2020
JAQ vs Tirta Kencana
Millenium Aquatic vs Kusuma Harapan

Selasa, 21 April 2020
Pari Sakti vs Indonesia Aquatic Star
Tirta Taruna vs Bina Taruna

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya