Ancaman Corona, Menpora Beri Kebebasan pada Induk Cabang Olahraga

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.
Sumber :
  • VIVA/Zulfikar Husein.

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, telah mengeluarkan keputusan terkait penyelenggaraan kompetisi olahraga profesional di Indonesia menyusul penyebaran virus Corona yang semakin luas. Menpora pun mengimbau kelanjutan kompetisi akan diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing induk cabang olahraga.

Menpora Harap Ada Kejutan Prestasi Indonesia di Olimpiade 2024 Paris

Keputusan itu diambil selepas menjalani rapat di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan sejumlah pengurus cabang olahraga. Namun, Menpora tetap meminta kepada masing-masing induk cabor untuk melihat situasi dan kondisi terkini terkait perkembangan penyebaran virus Corona.

"Kami telah berdiskusi dengan Kementerian Kesehatan dan para stakeholder olahraga nasional baik KONI Pusat, NOC Indonesia, BOPI, PSSI, Perbasi, dan PBVSI. Demi memperhatikan keselamatan untuk kepentingan umum, kegiatan olahraga yang melibatkan banyak orang harus diperhatikan sungguh-sungguh kebijakannya," kata Zainudin, Jumat 13 Maret 2020.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

"Selanjutnya Kemenkes dan Kemenpora serta stakeholder olahraga akan merumuskan proses protokol untuk meningkatkan keselematan olahraga di tanah air. Ini sebagai tanda kami bersama-sama mempehatikan apa yang maksud dari pernyataan WHO (Badan Kesehatan Dunia)," ucapnya.

Lebih lanjut, Menpora mengatakan, keputusan ini diambil karena ia ingin masyarakat Indonesia beraktifitas seperti biasa. Selain itu, Zainudi juga menegaskan, pihaknya tidak mau lepas tangan terkait permasahan ini.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

"Jadi, kami tidak mengacuhkan atau cuek, tapi kami serius. Dalam keseriusan ini, kami tidak boleh panik. Jadi, masyarakat diimbau untuk tetap olahraga dan melakukan kegiatan fisik," ujar Zainudin.

"Makanya, kebijakan tentang keberlangsungan olahraga diserahkan kepada induk olahraga masing-masing. Apalagi, masing-masing cabor sudah menerima pandangan dari Kemenkes," ucapnya.

Baca juga:

Premier League Resmi Dihentikan Sementara

Bomber Persija Putri Ngegym Pakai Sport Bra, Seksi Banget!

Gara-gara Corona, Garuda Select Batal Tantang Leicester dan Arsenal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya