IBL Bisa Lanjut Pertengahan Tahun Ini?

Direktur IBL, Junas Mirardiarsyah
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Kompetisi bola basket Indonesia resmi dihentikan sementara. Keputusan itu diambil karena merebaknya wabah virus corona COVID-19 di Indonesia. Lalu kapan Indonesian Basketball League (IBL) bisa dihelat kembali? 

Tiba di Mongolia, Pelita Jaya Geber Persiapan Sambut BCL Asia

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah mengatakan, keputusan ini diambil operator IBL karena melihat perkembangan situasi di dalam negeri dan dunia.

Sebenarnya, seri tujuh digelar di Jakarta, kemudian di pindah ke Malang. Namun, karena kondisi yang semakin tidak memungkinkan IBL memutuskan kompetisi dihentikan.

Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

"Kita melihat perkembangan situasi, baik dalam negeri maupun luar negeri. Banyak hal-hal yang tidak bisa kita kontrol. Kita sudah bicara dengan federasi, klub dan juga sponsor. Kita beri opsi penundaan atau pemberhentian musim IBL ini mulai dari seri Malang, ini kita putuskan yang terbaik," kata Junas, Jumat, 13 Maret 2020.

(Baca juga: IBL Rugi Besar Kompetisi Tertunda karena Virus Corona COVID-19)

Harapan Perbasi kepada Pelita Jaya dan Prawira Bandung yang Mentas di Liga Champions Asia Basket

Untuk waktu pasti kembalinya digelar IBL, Junas awalnya belum berani bicara lebih jauh. Namun pria 39 tahun ini membocorkan setelah melakukan rapat pada Rabu 18 Maret 2020 lalu. Hasilnya jika IBL bisa saja digelar pada Juni atau Juli 2020. 

"Kompetisi IBL tetap mempertimbangkan situasi darurat yang ditetapkan sampai 29 Mei. Akhir Mei baru ada keputusan untuk IBL memungkinkan lanjut atau tidak dilanjutkan di Juni-Juni atau bisa September-Oktober," kata Junas, dalam keterangan tertulisnya. 

Pemberhantian IBL seri Malang dilakukan dua jam sebelum pertandingan pembuka digelar. Artinya, ketika Kemenpora menggelar rapat dengan berbagai elemen, termasuk Perbasi sebagai otoritas bola basket tertinggi di Indonesia, kompetisi IBL sudah ditangguhkan kelangsungannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya