Aksi Berani Pemain Timnas Italia Jadi Relawan Virus Corona COVID-19

Bintang Rugby Italia, Maxime Mbanda.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dunia saat ini sedang diguncang dengan pandemi virus Corona COVID19. Hal itu mengakibatkan sejumlah negara kemudian menerapkan lockdown

Sejarah, Indonesia Gelar Asia Rugby Sevens Trophy dengan Tim Terbanyak

Pandemi Corona ini kemudian menggugah rasa kemanusian dari bintang rugby Italia, Maxime Mbanda. Ia rela turun langsung ke lapangan dan menjadi supir ambulans. 

Mbanda sehari bisa menghabiskan waktu 13 jam untuk misi kemanusiaan tersebut. Italia adalah negara di Eropa paling parah yang terkena dampak Corona. 

Kejurnas Rugby Berlangsung Sukses, Ketum PRUI Apresiasi Semua Pihak

Sejauh ini kasus Corona di Italia mencapai 63.927. Di mana 6.077 orang diantaranya meninggal akibat virus dari Wuhan, China tersebut.  Semua kegiatan olahraga di Italia dihentikan. Termasuk rugby. 

"Ketika semua dibatalkan di rugby, saya bertanya-tanya bagaimana saya bisa membantu. Bahkan tanpa keahlian medis," kata Mbanda dikutip dari Dailymail. 

Dampak Psikologis Perang Rusia-Ukraina kepada Pemain Atalanta

"Saya memulainya delapan hari yang lalu, tanpa istirahat dan dengan shift kerja 12-13 jam. Tetapi dengan apa yang saya lihat di ruang penyakit menular tersebut, saya meyakinkan diri saya sendiri bahwa saya tidak boleh lelah," tambahnya. 

Bintang Rugby Italia, Maxime Mbanda

Menurut Mbanda, rasa ketakutan yang ditimbulkan terkait penularan virus tersebut memang hal yang normal. Namun Mbanda menyebutkan, dengan melakukan protokol keamanan yang benar meskipun itu kecil, maka ia yakin tetap akan aman.  

"Bagi mereka satu jam itu sangat penting. Selama saya masih kuat, saya akan terus berjalan. Saya di sini dan saya akan tetap tinggal di sini," jelasnya. 

Mbanda bermain untuk klub rugby di Zebre, di mana daerah tersebut menjadi salah satu yang cukup parah di Italia. 

Ayah Mbanda adalah seorang ahli bedah. Tugas Mbanda sehari-hari difokuskan untuk membantu orang tua di Zebre.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya