Menpora Kagumi Perjuangan Bob Hasan 40 Tahun Besarkan PASI

Bob Hasan saat meluncurkan buku 'Mengapa Saya Sehat'.
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengucapkan belasungkawa atas kepergian Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Bob Hasan. Dia merasa kagum dengan pengabdian seorang Bob Hasan pada olahraga atletik.

Sport Centre Sumut Target Rampung Juli 2024, Ini Pesan Menko PMK

Jika dirunut ke belakang, dedikasi Bob Hasan pada atletik memang tak main-main. Selama 40 tahun dia membesarkan olahraga ini sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto, Selasa 31 Maret 2020.

Baca juga: Bob Hasan Meninggal Dunia

4 Fakta Kelvin Kiptum Pemenang London Marathon Meninggal Dunia karena Kecelekaan

Masih terekam di ingatan Zainudin bagaimana momen saat mereka bertemu ketika mengunjungi pelatnas atletik di Stadion Madya, Senayan, dalam persiapan menuju SEA Games 2019. Kala itu, mereka berbicara banyak tentang suka duka mengurus atletik.

Dari pertemuan tersebut Zainudin belajar banyak dari pribadi Bob Hasan yang meski sudah mencapai usia 89 tahun, tetap berkontribusi aktif pada kemajuan olahraga Indonesia.

Profil Kelvin Kiptum, Pelari Marathon Pemegang Rekor Dunia yang Meninggal di Usia 24 Tahun

Ketua PB PASI, Bob Hasan

"Saya sangat berduka atas berpulangnya pak Mohammad Bob Hasan. Sebulan yang lalu waktu beliau masih berobat di Thailand kami sempat berbincang di telepon. Jasa Beliau untuk olahraga di Indonesia sangat luar biasa khususnya untuk atletik," kata Zainudin dalam rilis yang diterima VIVA.

"Kesan saya ketika itu, pak Bob sangat hebat karena sudah seusia yang sepuh seperti itu Beliau masih mau menemani pelatih, atlet dan pengurus cabor saat latihan. Kalau bukan panggilan jiwa Beliau dan dedikasi yang luar biasa untuk olahraga gak mungkin Beliau ada di lapangan," jelasnya.

Tentu, kepergian Bob Hasan memberikan duka yang sangat dalam. Kini, hanya tinggal doa terbaik yang bisa diberikan pada Bob Hasan.

Menpora Zainudin Amali

"Saya dan seluruh masyarakat di Tanah Air juga stakeholder olahraga pasti merasakan kesedihan yang mendalam atas kepergian Beliau. Selamat jalan pak Bob Hasan, semoga Allah SWT menerima segala amal kebaikannya & Almarhum khusnul khotimah," tutup Zainudin.

Bob Hasan diketahui meninggal pada pukul 11.00 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Om Bob (sapaannya), meninggal di usianya 89 tahun. Rencananya, Bob Hasan akan dimakamkan di Ungaran, Jawa Tengah.

Sebelum ditempatkan pada peristirahatan terakhirnya di Ungaran, Semarang pada esok hari, almarhum Bob Hasan akan terlebih dulu disemayamkan di rumah duka di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya