Terbongkar, Ternyata Holyfield Terinspirasi Keganasan Mike Tyson

Aksi Mike Tyson menggigit telinga kanan Evander Holyfield
Sumber :
  • The Undefeated

VIVA – Terbongkar, ternyata Evander Holyfield terinspirasi keganasan Mike Tyson. Holyfield merupakan salah satu legenda tinju dunia dan tak ada yang meragukan ketangguhannya di atas ring.

Mike Tyson Naik Ring Tinju Lagi, Ini Lawannya

Mengawali karier di level amatir, Holyfield tampil di Olimpade Los Angeles 1984. Dia berhasil meraih medali perunggu kelas berat ringan. Setahun kemudian, dia beralih ke profesional pada usia 21, naik ke kelas penjelajah. 

Gelar juara dunia pertamanya adalah juara kelas penjelajah versi WBA, yang dia peroleh dalam laga ke-12 dengan menang angka tipis atas juara bertahan Dwight Muhammad Qawi pada 12 Juli 1986.

Siap-siap! Mike Tyson Kembali Naik Ring, Siapa Lawannya?

Holyfield berhasil enam kali mempertahankan gelar juaranya dan menjadi juara sejati. Kemudian, Holyfield naik ke kelas berat. Gelar juara dunia kelas berat pertamanya dia peroleh 25 Oktober 1990 dengan menang KO ronde 3 atas penakluk Mike Tyson, James "Buster" Douglas.

Jarang Terdengar, Berikut Arti Nama Islam Mike Tyson

Karier tinju dunia Holyfield ditutup pada 5 Mei 2011 dengan kemenangan TKO atas petinju Denmark, Brian Nielsen. Holyfield mengukir rekor 44-10-2-1 no contest (29 KO).

Holyfield juga dua kali berhasil mempecundangi Tyson. Pertama pada 1996 dia menangi lewat TKO ronde 11. Setahun kemudian, Holyfield kembali menang lewat kemengan diskualifikasi, setelah Tyson menggigit kuping Holyfield.

Namun siapa sangka, meski sukses mengalahkan Tyson, ternyata Holyfield terinspirasi dengan Tyson. Kok bisa? Mantan petinju berusia 57 tahun itu mengaku terkesima dengan prestasi Tyson ketika muda.

Si Leher Beton berhasil menjadi juara dunia kelas berat termuda yang direngkuhnya dalam usia 20 tahun, 4 bulan, 22 hari pada bulan November 1986.

Mike Tyson vs Evander Holyfield

"Ketika Tyson jadi juara dunia kelas berat, hal itu menyadarkan saya bahwa saya juga mampu melakukannya. Saya adalah anak termuda di keluarga saya," kata Holyfield, dikutip Boxingnews24.

"Setiap hal yang saya lihat bisa dilakukan saudara saya, maka saya akan berusaha untuk bisa melakukannya. Mungkin saya butuh waktu namun saya pasti akan belajar melakukannya," sambungnya.

Di sisi lain, Holyfield baru-baru ini mengungkapkan keinginannya untuk kembali naik ring. Menariknya, keinginan Holyfield itu tak lama setelah Tyson mengumumkan hal yang sama untuk laga amal. Alhasilm rumor pun menyeruak. Publik mengira-ngira bahwa akan ada trilogi antara Holyfield dengan Tyson.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya