Conor McGregor Pensiun dan Ancaman Krisis UFC

Bintang Ultimate Fighting Championship (UFC), Conor McGregor
Sumber :
  • Instagram/@thenotoriousmma

VIVA – Pengumuman pensiun Conor McGregor untuk kali ketiga dalam kurun waktu empat tahun, menghadirkan masalah serius di Ultimate Fighting Championship. Franchise mixed martial arts terbesar dunia itu, berada dalam masa krisis dan dipertanyakan masa depannya, karena sudah ada tiga bintang yang mengungkapkan keresahannya.

Selamatkan Orangtua dari Kebakaran, Mantan Petarung UFC Mark Coleman Kritis di RS

Sebelum McGregor, sudah ada Jon Jones dan Jorge Masvidal yang mengancam keluar dari UFC. Alasan Jones dan Masvidal, serupa dengan McGregor.

Keduanya merasa tak dihargai karena UFC terlalu otoriter dalam mengambil kebijakan duel dan tak mendengarkan apa permintaan petarungnya.

Pengakuan Legenda MMA Royce Gracie Setelah Memeluk Agama Islam

Ujian yang berat bagi UFC. Sebab, tiga petarung itu merupakan bahan jualan paling laku.

Baca juga: Conor McGregor Bongkar Borok UFC Usai Umumkan Pensiun

Usai Jeka Saragih Guncang UFC, Eperaim Ginting Hadapi Petarung Irlandia di Cage Warriors

Terlebih McGregor. The Notorious selama ini menjadi bahan utama jualan bagi UFC. Kemampuan McGregor jual diri, dianggap sebagai yang terbaik di UFC selama ini.

Bintang UFC, Conor McGregor

Dan, tak bisa dihindari, karena McGregor, pamor UFC meningkat. Banyak fans yang mau menyaksikan UFC karena menantikan ocehan McGregor serta aksinya di atas arena.

Kala Jones dan Masvidal mengoceh soal bayaran, McGregor berbeda. Sebagai bahan jualan utama, McGregor pastinya dapat gaji yang lebih besar dari Jones dan Masvidal.

Namun, penghargaan yang dimaksud oleh McGregor adalah, UFC tak memuluskan keinginannya dalam urusan pertarungan. McGregor sangat ingin berduel melawan Justin Gaethje.

Di sisi lain, UFC sudah punya rencana lain untuk langsung mempertemukan Gaethje dengan Khabib Nurmagomedov. Presiden UFC, Dana White, pun meminta agar McGregor diam, tak banyak omong dalam mengomentari rencananya.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Conor McGregor yang Wajib Diketahui

Karena masalah inilah, McGregor kesal dengan UFC dan terjadi perselisihan serius.

"Saya tak panik. Saya tak bersikap, ini gila, edan. Tak satu pun situasinya menjadi gila dan di luar kendali. Sebab, semuanya memang sudah gila dan di luar kendali sekarang, dalam level tertentu. Saya mengerti," kata White dilansir The Sun.

Presiden UFC, Dana White

Alasan McGregor lainnya untuk mengumumkan pensiun adalah selalu dipaksa untuk naik dan turun kelas demi kepentingan jualan.

Petarung Republik Irlandia itu mulai gerah dengan permintaan UFC dan mengaku tak sanggup untuk melakoninya.

"Tak ada yang memaksanya bertarung. Jika Conor McGregor merasa mau pensiun, Anda pasti mengerti alasannya. Saya suka Conor, banyak orang yang membuat kondisi jadi menyenangkan. Dia salah satunya," terang White.

Conor McGregor vs Donald

Terkait adanya dugaan krisis di UFC, White angkat bicara. Dia tak panik kala tiga bintangnya, komoditi utamanya dalam berjualan, memutuskan atau memaksa untuk hengkang karena merasa tak dihargai.

"Dengar, jika Anda tak berpikir saya melakukan hal tersulit di dunia, jangan bicara apa pun. Saya sama sekali tak menyerah dan siap mengeluh di media. Tak ada olahraga lain yang bergulir, kecuali kami. Itu yang paling indah di masa sekarang," ujar White.

Baca juga: 5 Aksi Menakjubkan Valentino Rossi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya