Tingkatkan Imunitas, Menpora Ajak Masyarakat Berolahraga di Rumah

Menpora, Zainudin Amali.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengajak masyarakat tetap aktif berolahraga di masa pandemi virus corona COVID-19. Ajakan itu direalisasikan Menpora melalui program Workout at Home (WAH)

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Program itu digagas Asisten Deputi Olahraga Pendidikan di Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora. WAH memperagakan gerakan latihan kekuatan fisik (conditioning) untuk meningkatkan imunitas yang bisa dilakukan saat di rumah saja.

Gerakan tersebut cukup mudah dilakukan oleh siapa saja, bukan hanya oleh atlet profesional. Sehingga siapa pun dapat dengan mudah mengikuti gerakan WAH yang ditayangkan Kemenpora di platform YouTube dan Instagram.

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

"Wabah penyakit bisa datang kapan saja tanpa diduga. Untuk itu kita harus menjaga kesehatan dan kebugaran. Bagi para atlet muda dan adik-adik yang suka berolahraga, ayo kita manfaatkan kesempatan untuk tetap berolahraga di rumah saja dengan latihan kekuatan atau conditioning," kata Menpora dalam rilis yang diterima VIVA.

"Latihan ini sangat diperlukan untuk melatih otot tubuh dan meningkatkan imunitas. Ayo kita Workout at Home atau latihan olahraga di rumah saja. Ayo olahraga di rumah saja," tambahnya.

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali

Demi memfasilitasi maksimal masyarakat mengikuti program WAH, Kemenpora pun melibatkan sejumlah atlet dan tokoh. Salah satunya adalah Ahmad Atthalah Araihan, kapten Timnas sepak bola Indonesia U-16 yang akan memandu gerakan latihan kekuatan tersebut.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, mengatakan WAH merupakan video tutorial latihan ringan yang lengkap. WAH memberikan edukasi dan bimbingan bagaimana dosis latihan yang tepat, disesuaikan dengan kondisi New Normal.

"Latihan menjaga kondisi fisik bagi para atlet, baik untuk anak-anak muda berbakat yang selama ini tergabung di SSB, akademi, maupun klub-kulb olahraga lainnya saat menghadapi pandemi Covid-19 seperti ini sangat penting dilakukan," kata Isnanta.

"Semoga dengan Video tutorial ini membantu para atlet muda dalam menjaga kondisi fisiknya yang pada akhirnya nanti saat usai bebas pandemi Covid-19 kembali latihan lagi di SSB dan klub masing-masing dalam kondisi fisik yg masih terjaga baik. Selamat berlatih," tambahnya.

Sementara, pasanga legenda bulutangkis Tanah Air, Susy Susanti dan Alan Budikusuma juga turut serta di program ini. Namun, Susy dan Alan mengingatkan untuk tetap melakukan tahapan wajib sebelum melakukan Workout at Home.

Tahapan tersebut tak lain adalah mengecek kondisi tubuh kita sebelum berolahraga. Serta melakukan tahapan pemanasan dan pendinginan diantara gerakan latihan inti.

"Dengan WAH atau latihan olahraga di rumah, kita dapat meningkatkan imunitas. Salah satunya adalah latihan olahraga fisik atau conditioning," ujar Susy.

"Yang wajib diingat, sebelum melakukan olahraga, kita wajib mengukur denyut nadi terlebih dahulu, bisa di pergelangan tangan kita. Dan semua tahap juga harus dilakukan, dari pemanasan, latihan inti, hingga pendinginan," lanjut Alan.

Latihan conditioning biasanya teridiri dari beberapa gerakan dasar olahraga. Mulai dari  stretching, push up, plank dan beberapa gerakan lain.

Gerakan tersebut disarankan dilakukan delapan hitungan setiap sesinya. Serta dilakukan minimal dua kali repetisi dalam sekali latihan, dan disarankan berlatih tiga hingga lima kali dalam seminggu.

Baca juga:

Imbang Lawan Sevilla, Pique Sebut Langkah Barcelona Semakin Sulit

Alasan Pelatih Barcelona Tak Turunkan Griezmann Sejak Babak I?

Mourinho Ngomel ke VAR dan Wasit, Lihat MU Gampang Dapat Penalti

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya