Lin Dan, Dewa Bulutangkis China Pembuat Taufik Hidayat Jadi Bubur

Lin Dan.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Pebulutangkis China, Lin Dan resmi pensiun Sabtu 4 Juli 2020. Lin Dan menggantung raket di usia 36 tahun dan mengumumkannya melalui media sosial Weibo. 

Jonatan Christie dan Anthony Ginting Catat Sejarah di All England 2024

"Sejak 2000 sampai 2020, setelah 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Sangat sulit sebetulnya mengumumkan hal ini," tulis Lin Dan. 

Lin Dan mengakhiri dua dekade kariernya yang begitu gemilang. Dia pernah menyabet medali emas Olimpiade 2008 dan 2012, medali emas Asian Games 2010 dan 2014, serta menjadi juara dunia bulutangkis 5 kali.

Mengerikan, Mantan Raja Bulutangkis Dunia Jadi Pembimbing Anthony Ginting dan Jonathan Christie

Pebulutangkis China, Lin Dan.

Di kategori beregu, ia meraih 6 Piala Thomas bersama Timnas Bulutangkis China, salah satunya mengalahkan Indonesia di final pada 2010. Sedangkan di ajang Piala Sudirman, ia menjadi juara sebanyak 5 kali.

Taufik Hidayat Jadi Mentor Jelang Olimpiade 2024, Ini Harapan Tunggal Putra Indonesia

Dengan pensiunnya Lin Dan, artinya generasi emas empat tunggal putra kelas dunia pun selesai. Ya, Lin Dan merupakan paket mengerikan bersama  mantan tunggal putra top lain seperti Lee Chong Wei (Malaysia), Taufik Hidayat (Indonesia) dan Peter Gade (Denmark).

Keempat mantan tunggul putra itu, selama dua dekade ke belakang bergantian saling mengalahkan. Meski demikian, jika dibandingkan dengan jagoan Indonesia, Taufik Hidayat, Lin Dan bisa dibilang monster bagi Taufik. 

Buktinya, menukil BWF, dari 17 pertarungan di antara mereka, Lin Dan berhasil menghempaskan Taufik 13 kali dan hanya kalah empat kali. 
Taufik Hidayat Vs Misbun Ramdan
Pertemuan terakhir Lin Dan dengan Taufik terjadi pada perempat final Olimpiade 2012 di London. Ketika itu, Lin Dan dengan mudah menghabisi Taufk 21-9, 21-12.

Bukan cuma Taufik yang dihabisi Lin Dan. Dua tunggal putra andalan Indonesia saat ini  Anthony Ginting dan Jonatan Christie belum mampu mendominasi atas Lin Dan, meski usianya masih muda.

Ginting, dari lima pertarungan melawan Lin Dan hanya menang dua kali, dan tiga kali kalah. Sedangkan Jonatan dari tujuh pertemuan kalah empat kali dan cuma menang tiga kali. Lin Dan menutup kariernya di bukutangkis dunia dengan berada di posisi ke-19 BWF. 

Baca Juga: 

Lin Dan: Dididik Jadi Pianis, Malah Jadi Legenda Bulutangkis

20 Tahun Berkarier di Bulutangkis, Lin Dan Resmi Gantung Raket

Spesialnya Ayah Khabib, Vladimir Putin Sampai Kasih Penghormatan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya