Harapan di Balik Berubahnya Jadwal Oceanman 2020

Mantan atlet renang nasional, Albert Sutanto dan Felix Sutanto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Setelah adanya penundaan akibat pandemi virus corona, akhirnya ditetapkan kejuaraan renang perairan terbuka Oceanman Indonesia berlangsung pada 11-12 Desember 2020. Ajang ini akan berlangsung di Bali.

Kolaborasi Akuatik Indonesia dengan Komunitas Renang Indonesia di Festival OWS Bali

Dua mantan perenang nasional, Felix Sutanto dan Albert Sutanto adalah penggagas ajang ini. Awalnya, Oceanman Indonesia 2020 dijadwalkan berlangsung di Bali pada 10-11 April 2020. 

Akan tetapi, karena adanya penyebaran virus corona, Felix dan Albert mengubah menjadi ke 28-29 Agustus 2020. Tapi, lagi-lagi mereka harus mengalah demi kebaikan peserta dan penonton.

Anggota TNI Serda Archia Febra Raih Penghargaan Usai Taklukan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

"Ketika memundurkan jadwal ke 28-29 Agustus 2020, persiapannya sudah 60 persen. Namun, persiapan itu tidak bisa dilanjutkan begitu saja, karena ada beberapa hal yang harus kami lakukan menyesuaikan dengan standar 'new normal'," ujar Felix.

"Keselamatan adalah hal terpenting. Oleh karena itu, kami akan melakukan evaluasi secara keseluruhan yang membuat persiapan membutuhkan waktu lebih panjang dari rencana awal. Inilah yang membuat kami mengubah jadwal ke Desember daripada mempertahankan jadwal semula," imbuhnya.

Munasus PB Akuatik Indonesia Bahas Perubahan Nama

Albert menambahkan, selama pandemi virus corona, antusiasme peserta tidak menurun. Hal itu semakin memotivasi dirinya dan Felix untuk mengupayakan yang terbaik, terutama berkaitan dengan keamanan dan keselamatan.

"Sebelum April 2020, ada sekitar 300 peserta dari luar negeri yang melakukan registrasi. Ketika pandemi Covid-19 terjadi, mereka tidak menarik dana atau membatalkan kepesertaan. Beberapa orang dan komunitas renang Indonesia juga terus berkomunikasi dengan kami untuk mengupayakan ajang ini tetap terselenggara pada 2020," ungkap Albert.

"Kami berkomitmen untuk menyelenggarakan Oceanman pada 2020 dengan standar terbaik. Kami berharap, keadaan semakin kondusif, publik tetap antusias dengan Oceanman 2020, dan ajang ini bisa berkontribusi bagi Indonesia, setidaknya dalam bidang pariwisata," tambah Albert.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya