Pandemi Corona Paksa ARRC Tunda Seri 5 di Thailand

Balapan Asia Road Racing Championship
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Pandemi virus corona COVID-19 benar-benar memberikan pukulan telak buat kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC). Kabar terbaru menyebutkan jika mereka sudah memutuskan untuk menunda gelaran seri kelima di Thailand.

Pembalap Astra Honda Racing Team Raih Podium di ARRC Buriram

Sejatinya, seri tersebut bakal dihelat di Sirkuit Internasional Chang pada 21-23 Agustus 2020. Namun, promotor memutuskan untuk menunda gelaran ini lantaran wabah corona dinilai masih cukup luas penyebarannya.

Sebab, peserta ARRC berasal dari banyak negara, salah satunya Indonesia. Akan sangat riskan jika memaksakan untuk tetap digelar di tengah pandemi dengan pertimbangan kesehatan dan pelaksanaan protokol yang harus disesuaikan dengan negara tuan rumah.

Curhat Mengharukan Rider Malaysia yang Lindas Pembalap Jepang hingga Tewas di Sirkuit Mandalika

Kepastian ini membuat ARRC sudah menunda empat seri. Sebelumnya, seri Australia, Jepang, dan China juga sudah mengalami penundaan.

Sejauh ini, baru satu seri yang berhasil diselenggarakan, yakni di Malaysia pada 6-8 Maret 2020. Tepat sebelum corona dinyatakan sebagai pandemi dunia.

Pernyataan MGPA Atas Meninggalnya Pembalap Jepang Haruki Noguchi

"Menanggapi masalah kesehatan global yang terus berkembang terkait dengan COVID-19, Kejuaraan Balap ARRC 2020 ingin menginformasikan kepada para mitra, tim, pembalap, penggemar, dan pihak lainnya bahwa putaran 5 di Sirkuit Internasional Chang di Thailand (semula dijadwalkan 21-23 Agustus), akan ditunda," demikian pernyataan resmi ARRC.

"Promotor akan bekerja sama dengan Sirkuit Internasional Chang dan FIM Asia untuk menemukan tanggal pengganti yang sesuai karena FIM Asia Road Racing Championship memiliki peserta lebih dari 11 negara, berbagai pembatasan perjalanan dan proses karantina telah membuat upaya koordinasi menjadi sulit," lanjut pernyataan tersebut.

Informasi lanjutan menyebutkan jika kalender baru akan diumumkan secepatnya. Dengan ditundanya empat seri, itu berarti masih ada dua seri yang diharap berjalan sesuai jadwal. Total, ada tujuh seri yang harus dijalankan pada musim 2020 ini.

"Promotor dan FIM Asia berharap setiap orang dalam kondisi aman dan sehat sementara kami bekerja tanpa lelah dengan FMN dan sirkuit yang bersangkutan untuk memastikan kelangsungan musim 2020," jelas pernyataan tersebut.

Baca juga: 6 Pembalap Tolak Ikut Aksi Berlutut Hamilton di F1 GP Austria

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya