Persiapan Olimpiade 2021 Terganggu Polemik Panahan Indonesia

Atlet Panah Indonesia Riau Ega Agata (kiri) dan Diananda Choirunisa (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Cabang olahraga panahan Indonesia sedang dalam sorotan. Sebab, dalam masa persiapan menuju Olimpiade 2021, mereka malah berpolemik. 

Ketum KONI Minta Panitia Besar PON 2024 Segera Dibentuk

Semua ini diawali oleh tidak dipilihnya Denny Trisjanto sebagai pelatih. Alasan Pengurus Besar Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PB Perpani), Denny tidak masuk standar.

Tak berselang lama, tiga atlet panahan Indonesia, Riau Ega Agata Salsabila, Diananda Choirunisa, dan Asiefa Nur Haensa juga ikut dicoret. Mereka dianggap indisipliner karena ingin mempertahankan Denny sebagai pelatih.

Di depan Menpora Gubernur Sumut Paparkan Persiapan PON 2024

Sontak publik terkejut dnegan pencoretan Riau Ega dan Diananda. Karena kedua atlet tersebut, akhirnya Indonesia bisa mendapatkan tiga tiket menuju Olimpiad 2021 Tokyo.

Keduanya adalah atlet yang mempersembahkan medali bagi Indonesia di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Riau Ega menyabet medali perunggu nomor recurve putra, sedangkan Diananda medali perah recurve putri.

Menpora: Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games

Ditanya mengenai hal ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengaku sudah meminta Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman untuk menyelesaikannya. Karena Kemenpora dalam hal ini tidak boleh ikut campur terlalu dalam.

"Kemenpora tidak boleh terlalu dalam mencampuri permasalahan yang terjadi pada induk-induk organisasi (PB/PP). Makanya, saya meminta pak Marciano untuk menyelesaikan polemik yang terjadi pada pelatnas panahan Olimpiade. Dan, pak Marciano juga telah berjanji akan segera bertemu dengan bu Illiza Sa'aduddin selaku Ketua Umum PB Perpani. Kita tunggul saja hasil pertemuannya," kata Zainuin Amali

Skuad Timnas Indonesia U-19 bersama Menpora Zainudin Amali.

Tinjau Latihan Timnas Indonesia U-19, Menpora Sampaikan Pesan Presiden

Menpora Zainudin Amali, meninjau pemusatan latihan atau training centre (TC) hari perdana Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu 2 Maret 2022

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022