Mau Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Indonesia Dikepung 6 Negara

Bendera logo Olimpiade
Sumber :
  • olympic.org

VIVA – Setelah sukses Menggelar Asian Games dan Asian Paragames 2018, Indonesia mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang.

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Presiden Jokowi turun langsung menyampaikan keinginan tersebut. Orang nomor satu di Indonesia itu mengirim surat pengajuan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach pada 2019.

Pada Rabu 4 November 2020, Jokowi menggelar rapat terbatas secara virtual dengan menterinya dan Ketum Komite Oilmpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, serta Marciano Norman, Ketua KONI Pusat.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Photo :
  • Twitter/@KBRITokyo

Jokowi meminta agar road map pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 segera disiapkan. Sebabnya, proses seleksi mulai 2 tahun lagi.  Adapun untuk terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Indonesia bakal bersaing dengan enam negara,

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia


"Dan untuk jadi tuan rumah olimpiade 2032 bersiang dengan Australia, Qatar, Jerman, unifikasi Korea, dan India, bahwa untuk jadi tuan rumah olimpiade ini bukan sesuatu gagah-gagahan tapi salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa," kata Jokowi.

"Saya minta road map pencalonan disiapkan dengan baik berdasarkan timeline dengan baik sesuai yang ditetapkan IOC. Penetapan tuan rumah akan ditetapkan 2024, proses seleksi yang akan ditetapkan dalam 2023," sambungnya.

Olimpiade, kata Jokowi adalah salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa. Sebab itu hal tersebut adalah momentum untuk menata dan memperbaiki fasilitas yang kurang di Indonesia. 

"Mulai dari penyiapan infrastruktur keolahragaan, kemudian berkaitan dengan prestasi atlet, peningkatan visibilitas global sebagai kuota penyelenggara dan lain sebaginya," ungkapnya.

Sementara itu, Raja Sapta Oktohari menyebut ada beberapa jalan yang bisa dilakukan Indonesia untuk terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. 

Menurut Okto kemungkinan besar Indonesia bisa menjadi tuan rumah adalah dengan kunjungan Jokowi ke kantor IOC di Lausanne, Swiss. 

"Kami mohon kepada Bapak Presiden agar bisa berkunjung ke kantor IOC di Swiss. Jika Bapak setuju, itu akan sangat membantu proses pencalonan kita sebagai tuan rumah Olimpiade maupun Paralimpiade 2032," kata Okto

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya