Cegah Penyebaran Virus Corona, Manajemen GBK Pasang Alat Canggih

Alat pemindai wajah di gate Stadion Akuatik GBK.
Sumber :
  • Instagram: kemensetneg.ri

VIVA – Virus Corona atau COVID-19 masih mewabah di Indonesia, meski demikian pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan terus berupaya mengatasi virus ini.

Lebih dari 2 Ribu Aparat Gabungan Kawal Laga Timnas Indonesia Vs Vietnam di GBK

Setelah imbauan dirumah saja, beberapa waktu lalu sederet aktivitas masyarakat sudah mulai berjalan. Meski demikian, masih dilakukan pembatasan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga: Madrid Diamuk Valencia, Kesombongan Sergio Ramos Berujung Petaka

Cari Atlet Berbakat, Triathlon Buddies 2024 Bakal Diikuti 250 Peserta

Dari sektor olahraga, ada terobosan yang dilakukan pemerintah terhadap fasilitas publik. Salah satunya di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Senayan.

Memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi tersebut, manajamen GBK terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu peningkatan pelayanan tersebut dengan melakukan terobosan baru yaitu dengan mengembangan teknologi biometrics membership yang ada di Stadion Akuatik GBK.

Half Marathon Digelar dari Monas ke GBK, Heru Budi: Bagian HUT DKI Jakarta ke-497

Melansir dari setneg.go.id, Biometrics Membership mulai diujicoba pada 17 Desember 2018. Biometrics membership adalah sebuah sistem keanggotaan untuk mempermudah masyarakat untuk mengakses fasilitas di Stadion Akuatik GBK dengan menggunakan bagian tubuh yaitu ibu jari sebagai identitas atau alat otentikasi.

Dengan menggunakan sistem ini pelanggan yang telah menjadi anggota dapat langsung menempelkan sidik jari pada alat biometrics dan pintu-pintu masuk menuju ke area kolam Stadion Akuatik dan memanfaatkan fasilitas di dalamnya. 

Sementara itu, sejak Februari 2020 Manajemen GBK mengimplementasikan dan mengembangkan sistem biometrics membership yaitu dengan menggunakan sensor pemindai wajah yang terintegrasi dengan turnstile gate. Dengan sistem ini para pelanggan tidak perlu menyetuh alat apapun untuk masuk ke dalam area kolam Stadion Akuatik. 

Pada masa pandemi COVID-19, sistem baru ini sangat membantu untuk mencegah penyebaran virus tersebut karena pelanggan tidak perlu menyentuh alat. Pelanggan hanya melakukan identifikasi wajah melalui alat yang langsung terhubung dengan turnstile gate dan setelah mendapat konfirmasi sistem ini dapat langsung membuka pintu secara otomatis.

Dengan dikembangkannya sistem ini dapat mempermudah dalam pengelolaan keanggotaan maupun penggunaan fasilitas di Stadion Akuatik GBK.

Baca juga: Mesut Oezil Diserbu Fans saat Arsenal Dipermalukan Aston Villa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya