Senam Sundul Langit, Terobosan Baru Kemenpora

Senam Sundul Langit.
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali membuat terobosan dalam memupuk semangat olahraga bagi semua level masyarakat. Yang terbaru, Kementerian yang dipimpin oleh Zainudin Amali ini melahirkan gerakan senam yang diberi nama Senam Sundul Langit.

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Senam Sundul Langit adalah senam yang  dikreasikan dengan gerakan-gerakan yang ada di dalam olahraga sepakbola seperti gerakan Juggling, menggiring bola, sundulan, gerakan kipper, sampai dengan gerakan selebrasi gol. 

Kemenpora memperkenalkan senam Sundul Langit ini melalui kreasi gerakan olahraga sepakbola yang populer di Indonesia dengan harapan agar dapat meningkatkan minat anak-anak muda untuk berolahraga melalui senam Sundul Langit. 

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, membuka workshop Senam Sundul Langit bulan lalu, tepatnya pada tanggal 7 Oktober 2020 secara Virtual. Beliau berharap senam ini dapat membuat anak-anak muda tanah air semakin semangat untuk berolahraga dengan tujuan menjaga kesehatan, kebugaran dan meningkatkan imunitas tubuh. 

‘’Dengan memupuk minat masyarakat terhadap olahraga, khususnya sepakbola, diharapkan bisa meningkatkan prestasi atlit muda sepakbola sehingga dapat meraih prestasi tertinggi,’’ kata Menpora dalam kesempatan berbeda. 

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta menjelaskan secara gamblang bagaimana kemudian Senam Sundul Langit ini dicetuskan oleh Kemenpora.

‘‘Senam ini semata-mata diciptakan untuk memberikan kemudahan dan semangat bagi generasi muda untuk senam dan bergerak. Dipilih gerakan sepak bola yaitu karena olahraga ini salah satu yang populer. Dengan gerakan ini, kita harap anak muda melakukan senam secara rutin,’’ ucap Isnanta.

Usaha Kemenpora untuk kembali menggelorakan sepakbola di masyarakat lewat berbagai macam cara memang tak terlepas dari persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Pemerintah tentunya ingin semua elemen bisa memberikan dukungan penuh kepada Tim Nasional Indonesia yang akan berlaga dalam ajang tersebut serta mentransfer semangat kepada para pemain demi memetik prestasi tertinggi.

Selain itu, sebagai cabang olahraga paling diminati di Indonesia, sepakbola dianggap akan bisa dengan mudah diterima oleh semua lapisan masyarakat. Itulah kenapa gerakan-gerakan dasar sepakbola diadaptasi dalam Senam Sundul Langit ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya