Menpora Zainudin Amali Nilai Kepri Tepat Kembangkan Sport Tourism

Menpora Zainudin Amali saat berkunjung ke Kepulauan Riau
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indoesia (Menpora RI) Zainudin Amali menilai Kepulauan Riau sangat berpotensi sebagai wilayah untuk kembangkan Sport Tourism

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Amali mengatakan bahwa Kepri tepat dikembangkan Sport Tourism Bahari, mengingat dikelilingi lautan dan yang terkenal dalam peradaban sebagai Selat Malaka.

"Saya tadi mampir ke Lagoi, indah dan pasti banyak diminati," kata Amali pada acara jamuan makan malam oleh Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharudin, Sabtu 21 November 2020.

Sport Tourism Jadi Cara Jitu Datangkan Wisatawan

Photo :
  • Istimewa

"Contoh, Thailand saja yang dulu hanya mengandalkan pendapatan sektor hiburan sekarang sudah paket wisata dan olahraga. Negara kita lebih punya potensi karena sumber daya dalam yang luar biasa," tambahnya.

Gandeng Golftrovert, FUNDtastic Gelar Turnamen Golf VOL.1 2024

Amali optimistis sport tourism dikembangkan di Kepri. Apalagi Treasure Bay Bintan dan Bintan Cakrawala Resort begitu luar biasa pemandanganya. "Lagoi ini indah dan pasti banyak diminati, apalagi sudah dirancang dengan berbagai fasilitas untuk bisa berolahraga," katanya.

Menurut Amali, Letak strategis di Selat Malaka, berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, dan persinggahan lalu-lintas perdagangan internasional, akan mudah mendatangkan orang bila ada kemasan pariwisata berpaket olahraga.

"Sekarang tinggal kita bagaimana meyakinkan negara-negara lain tentang penanganan covid, jika mereka sudah percaya disini akan mudah karena jarak antar negara dekat," ucapnya.

Photo :
  • Kemenpora

Sebelumnya, dalam sambutan selamat datang Pjs Gubernur Kepri menyebutkan bahwa dalam waktu dekat akan diadakan perlombaan Dragon Boat, olahraga air perahu naga yang banyak diminati wisatawan.

"Tanjungpinang ini dalam sejarahnya adalah pusat peradaban dan pusat perdamaian, semua bangsa lewat dan singgah di sini (Selat Malaka), nanti ada Dragon Boat semoga menggeliatkan kembali olahraga dan perekonomian," ucap Pjs Bahtiar.

Sementara itu Direktur Human Resources & Administration Nana Pardianawati menerangkan bahwa Treasure Bay Bintan dengan luas sekitar 90 Ha berfasilitas sangat memadai untuk para penikmat rekreasi sekaligus dapat berolahraga. 

Seperti Fun Park dimana tersedia Classic Car, Solar Boat. Yang X-Perience ada Cable Ski, yaitu bisa bermain ski dengan tetap aman karena tetap terkendali dalam kabel. Bagi pecinta olahraga adrenalin tersedia X-Treme Adventure dengan ATV Off-Road Trains, Mini Electric ATV, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya